Kapolres Grobogan dan Anggota Jadi Sasaran Vaksin Covid-19
Kapolres Grobogan AKPB Jury Leonard Siahaan mendapatkan vaksin Covid-19 oleh dr. Gina di Poliklinik Pratama Polres Grobogan, Selasa (23/2/2021).(Istimewa-Polres Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Pelaksanaan vaksinasi gelombang II mulai dilaksanakan di Kabupaten Grobogan, Selasa (23/2/2021). Rencana dilaksanakan hingga Sabtu (27/2/2021) dengan sasaran vaksin Covid-19 sektor pelayanan publik.

Yakni anggota TNI, Polri, Satpol PP dan OPD pelayanan publik. Juga para tenaga kesehatan yang saat vaksinasi gelombang I yang tertunda mendapatkan vaksin karena kondisi tertentu yang tidak fatal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan, Slamet Widodo, ada sekitar 12.000 dosis vaksin Covid-19 untuk gelombang II. Vaksin tersebut diperuntukkan bagi 6.000 orang dari sektor pelayanan publik.

Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi, di antaranya Rumah Sakit Panti Rahayu Yakkum Purwodadi, RSUD dr. R. Soedjati Purwodadi, RS Permata Bunda, Puskesmas, dan Klinik Pratama Polres Grobogan. Untuk hari pertama, ditujukan untuk anggota Polri, Nakes, dan beberapa sektor pelayan publik.

Baca jugaPPKM Mikro Lanjut, Kasus Covid-19 di Grobogan Naik Turun

Untuk pelaksanaan vaksinasi di RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi, di hari pertama, Selasa, sasarannya petugas publik meliputi tenaga kesehatan, anggota Polres Grobogan, dan Kodim Purwodadi.

“Hari ini yang mendapat vaksin Covid-19 ada 129 tenaga kesehatan, 68 anggota polri dari Polres Grobogan dan 25 anggota TNI dari Kodim Purwodadi. Ada yang ditunda karena sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan, dan hamil,” jelas penanggung jawab vaksinasi di RS Yakkum Purwodadi, dr. David Setiaawan.

Vaksinasi untuk jajaran Polres Grobogan antara lain diikuti Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Waka Polres Grobogan, dan Pejabat Utama Polres Grobogan. Untuk Kapolres mendapatkan vaksin Covid-19 di Klinik Pratama Polres Grobogan.

Baca jugaPolisi Mendominasi Hari Pertama Vaksinasi Tahap II Di Wonogiri

Vaksinasi Covid-19
Peserta vaksinasi di RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi mendapatkan surat telah mendapatkan vaksin Covid-19, Selasa (23/2/2021). (Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Tidak Perlu Takut

Kapolres Grobogan AKBP Juri Leonard Siahaan mengatakan tidak merasakan sakit dan efek lainnya setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Sehingga dia berharap masyarakat tidak perlu takut mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat Grobogan jangan takut, karena vaksin Covid-19 ini sangat bermanfaat untuk melindungi diri dan orang lain. Karena vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan atau imun tubuh kita sehingga mencegah terpapar virus corona,” jelas Kapolres.

Terpisah Paur Kes Polres Grobogan, Iptu Hardono menyampaikan tahapan untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, dilakukan pemeriksaan suhu, tekanan darah, pendataan. Kemudian screning untuk mengetahui apakah peserta bisa dilakukan vaksin atau tidak, baru vaksinasi.

“Setelah mendapatkan vaksin, diminta menunggu 30 menit untuk memantau kondisi setelah vaksinasi. Setelah itu jika tidak ada efek ikutan, peserta vaksinasi menerima surat sebagai bukti telah mendapatkan vaksin Covid-19,” ujar Iptu Hardono.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom