SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek S Triwidodo (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek S Triwidodo (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

PURWOKERTO — Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo mengatakan bahwa Kota Solo akan mendapat pengamanan khusus saat perayaan Natal 2012. “Saya sendiri akan di sana nantinya, di Surakarta (Solo). Nanti saya akan melihat langsung,” katanya di Purwokerto, Kamis (20/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolda mengatakan hal itu kepada wartawan seusai Upacara Penutupan Pelatihan Alih Golongan dari Bintara ke Perwira 2012 yang diikuti 398 personel kepolisian se-Jateng di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto.

Kendati demikian, dia mengatakan, jumlah kekuatan personel kepolisian yang diterjunkan di Solo sama dengan daerah lainnya di Jateng. “Kekuatannya sama, cuma di sana cadangannya lebih banyak,” katanya.

Ia mengatakan di mana ada kegiatan masyarakat, polisi harus ada.

“Bukan hanya di tempat keramaian. Bahkan, tempat terpencil yang kosong pun akan menjadi fokus perhatian polisi, tempat-tempat yang sepi perlu mendapat perhatian pengamanan,” katanya.

Menurut dia, jumlah personel kepolisian yang diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal di Jateng secara keseluruhan mencapai 12.800-an orang.

“Besok mulai kita gelar pasukannya, serentak seluruh Indonesia. Kita gelar pasukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita siap mengamankan saudara-saudara kita yang akan merayakan Hari Natal dan Tahun Baru, juga seluruh masyarakat yang mau bergembira merayakan pergantian tahun itu kita jamin keamanannya,” kata dia.

Ia mengatakan kepolisian dibantu aparat keamanan lainnya telah melakukan upaya-upaya awal untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan keamanan saat perayaan Natal.

Sebelum pelaksanaan, kata dia, kepolisian telah mengadakan pelatihan-pelatihan, pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat, pemetaan tempat-tempat ibadah, maupun tempat-tempat yang akan digunakan untuk perayaan pergantian tahun.

“Semua yang ada manusianya menjadi objek pengamanan dari polisi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya