SOLOPOS.COM - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. (Wikipedia.org)

Kapolda Jatim berpesan agar ortu menjaga anaknya dengan baik.

Madiunpos.com, SURABAYA — Aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) membongkar kasus prostitusi melibatkan pelajar berumur belasan tahun baru-baru ini. Terkait hal itu, para orang tua diminta mengawasi anak-anaknya agar tak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Keluarga harus bisa menjaga anaknya. Kenapa anak kecil sudah bisa bermain di dunia itu [prostitusi]. Kita lihat di Kendari, anak kecil minum pil putih yang bisa membuat kejang-kejang dan tidak berdaya. Itu kenapa terjadi,” kata Kepala Polda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin seusai memimpin prosesi serah terima jabatan tiga pejabat utama (PJU) di Mapolda Jatim, di Surabaya, Jumat (15/9/2017).

Dia menambahkan di kota besar kejahatan bermacam-macam jenisnya, termasuk kejahatan seksual di bawah umur. “Ini anak masih tingkatan SMA sudah pulang pagi, ya harus diingatkan. Ayam saja jam 18.00 sudah pulang kok. Ini anaknya jam 23.00 belum pulang kok dibiarkan,” tutur dia.

Pembiaran itu, kata dia, menjadi bibit untuk melakukan hal yang menyimpang. Selain pembiaran, teknologi juga sangat memengaruhi perilaku anak terutama situs berisi konten dewasa. “Walaupun pemerintah sudah memblokir, tapi masih ada saja yang lolos,” ujarnya. (baca: Polda Jatim Bongkar Prostitusi Online Anak di Bawah Umur)

Tak hanya orang tua, jenderal polisi bintang dua ini juga mengingatkan sekolah untuk ikut memerhatikan polah dan tingkah laku anak. Jika ada gejala perbuatan anak yang melebihi umurnya perlu diwaspadai. Dia mencontohkan,anak yang masih duduk di bangku SMP, namun sudah berdandan menor.

Terkait beberapa jaringan prostitusi di bawah umur yang belum terungkap, dia mengatakan ada bermacam-macam jaringan dan tidak berdiri sendiri. “Di iklan juga ada. Akan kami tindak sepanjang dia melakukan pelanggaran. Kami tidak akan membiarkan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya