Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel meninjau pelaksanaan pilkades di Desa Mudal, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (9/1/2020). (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Kabupaten Temanggung, Kamis (9/1/2020), mengehelat secara serental pemungutan suara pemilihan umum kepala desa (pilkades). Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel meninjau langsung pemungutan suara di sejumlah desa.

Berdasarkan pengamatannya, Kapolda Rycko Amelza Dahniel menyatakan pelaksanaan pilkades di 215 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah telah berjalan dengan baik. "Berdasarkan pantauan kami, semua TPS berjalan dengan baik, beberapa TPS yang diprediksi rawan sekitar 20-an juga berjalan dengan aman," katanya.

Kapolda memantau pelaksanaan pemungutan suara itu bersama Bupati Temanggung M. Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali, dan Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Inf A.Y. David Alam, Mereka antara lain mendatangai Desa Soropadan, Mudal, dan Campursari.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Temanggung yang sudah bisa menjalankan proses demokrasi dengan damai, sejuk, dan aman," katanya.

Menurut Kapolda hal ini merupakan bukti bahwa Temanggung dan Jawa Tengah memang sudah dewasa dalam demokrasi. "Hal ini juga salah satu indikator bahwa masyarakat kita sangat menjunjung tinggi toleransi, nilai-nilai kedamaian dan keamanan," ujarnya.

Ia berharap mudah-mudahan Jawa Tengah ke depan bisa terus guyup, aman, dan damai. Menyinggung kerawanan seusai penghitungan suara, dia mengatakan rasa kecewa bagi calon yang kalah pasti ada, oleh karena itu bagi pihak yang menang bersama pendukungnya tidak usahlah berlebihan dalam merayakan kemenangan dan bagi pihak yang kalah tidak perlu berlebihan untuk melakukan reaksi terhadap kekalahan.

"Siapa pun yang menang semuanya warga Temanggung, kita bangun kembali, kita rajut kembali persatuan. Saya yakin betul seluruh calon kades kemarin sudah berikrar untuk siap menang dan siap kalah. Siap mendukung siapa yang dipilih rakyat," tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten