Kapolda Jateng: Modus Teror di Grobogan Mirip dengan di Semarang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Teror pembakaran mobil yang melanda Kota Semarang dan sekitarnya rupanya mulai merambah ke daerah lain di Jawa Tengah (Jateng). Salah satu daerah yang terkena imbas adalah Kabupaten Grobogan, di mana sebuah mobil angkutan menjadi sasaran pembakaran orang tak dikenal, Selasa (5/2/2019).

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono, menyebutkan aksi teror di Grobogan itu diduga berkaitan dengan aksi teror di Kota Semarang, Kendal, dan Ungaran, Kabupaten Semarang.

“Kalau dilihat dari kasusnya, modus serta motifnya sama. Pelaku menggunakan minyak Saya rasa ada kaitannya,” ujar Kapolda saat dijumpai wartawan di rumah dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh, Kamis (7/2/2019) malam.

Kapolda memperkirakan pelaku teror pembakaran mobil saat ini memang tengah mencari sasaran daerah lain di luar Kota Semarang. Hal itu dikarenakan di Kota Semarang, pengamanan aparat kepolisian, TNI, maupun masyarakat semakin diperketat.

Selama sepekan terakhir, aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, memang memperketat pengamanan. Tak hanya di kawasan permukiman, dengan mengajak masyarakat menggiatkan Siskamling, aparat juga menggelar operazi razia di jalanan.

Operasi itu difokuskan di daerah perbatasan Semarang guna mempersempit gerak pelaku teror. Sasaran operasi merupakan pengendara kendaraan roda dua.

“Mereka mencari celah. Mencari daerah-daerah yang tingkat keamanannya rendah. Maka itu, kami minta masyarakat Jateng, tak hanya di Semarang, untuk meningkatkan kewaspadaan supaya kejadian serupa [teror] tidak terjadi lagi,” imbuh Kapolda.

Intelijen Kodam

Terpisah, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, mengaku siap menerjungkan prajuritnya untuk membantu aparat kepolisian mengatasi teror. Tak hanya prajurit dari unsur bintara pembina masyarakat (babinsa), pihaknya juga siap menyebar intelijen jika dibutuhkan.

“Intinya kami siap membantu, baik pengungkapan kasus secara preventif maupun pengamanan, Intelijen sudah pasti akan kita perbantukan,” ujar jenderal bintang dua itu.

Teror pembakaran mobil ini memang sangat meresahkan masyarakat Jateng. Setidaknya sudah ada 27 kejadian pembakaran di empat kabupaten/kota di Jateng.

Dari empat kabupaten/kota itu, Kota Semarang paling banyak yakni dengan 17 kasus atau kejadian. Sementara Kendal 8 kejadian, sedangkan Kabupaten Semarang dan Grobogan masing-masing satu kejadian.

Belum diketahui motif pelaku melancarkan teror itu. Namun seluruh modusnya hampir sama, yakni dilakukan saat dini hari dan menyasar korban yang memarkirkan kendaraan di pinggir jalan maupun garasi rumah yang tak tertutup rapat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Peringati Hari Pangan, FP UNS Bahas Eksistensi Petani Milenial

FP UNS ingin menumbuhkembangkan eksistensi petani milenial dengan menggelar berbagai pelatihan dan inovasi teknologi digital berkonsep smart farming.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel-Hotel di Mataram Hampir Full Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (22/10/2012): Ada 2 Film Baru

Berikut ini terdapat jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 22 Oktober 2021 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang ada dua film baru.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Kasus Covid-19 Klaster PTM Solo Tersebar di 8 Sekolah, Ini Perinciannya

Temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan siswa dan guru yang menggelar PTM di Kota Solo tersebar di delapan sekolah SD dan SMP.

Lirik Lagu Dalam Teduh - Fatin Shidqia

Berikut ini lirik lagu Dalam Teduh dari Fatin Shidqia yang tayang pada Rabu, 29 September 2021 di Youtube dan ditonton lebih dari 400.000 kali.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.