Kapasitas RS Covid-19 di Jawa Tambah di Akhir Juli 2021

Satgas Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 segera menyelesaikan penambahan kapasitas rumah sakit Covid-19 di empat daerah.

 PT Pertamedika IHC menyiapkan rumah sakit modular darurat Covid-19 kedua di Simprug, Jakarta. (Bisnis-Pertamina)

SOLOPOS.COM - PT Pertamedika IHC menyiapkan rumah sakit modular darurat Covid-19 kedua di Simprug, Jakarta. (Bisnis-Pertamina)

Solopos.com, JAKARTA — Satuan Tugas Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 segera menyelesaikan upaya tambah kapasitas rumah sakit Covid-19 dan konversi RSD Covid-19 di empat daerah dalam waktu dekat.

Ketua Pembangunan RSD Covid-19 Satgas Covid-19 Danis H. Sumadilaga mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan peningkatan kapasitas empat rumah sakit, yakni RSD Covid-19 Lapangan di Bantul, RS Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito di Sleman, RS Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo di Surabaya, dan RS Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan di Surabaya. Selain itu, Danis berujar pihaknya juga sedang mengonversi Wisma Haji Donohudan di Solo menjadi RSD Covid-19 berskala sedang.

“Rata-rata selesainya akhir Juli 2021 atau awal Agustus 2021. [Nanti baru] sudah bisa dipakai,” katanya kepada Bisnis, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Tangkal Varian Delta, Pakar di India Sarankan Vaksinasi Covid-19 Anak

Secara terperinci, Danis mencatat pihaknya akan menambah dan 65 unit Intensive Care Unit (ICU) di RSUP dr. Sardjito. Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU RS tersebut dengan mengonversi salah satu lantai gedung parkir RSUP dr. Sardjito.

Danis menyampaikan saat ini pihaknya sedang menyekat dan memasang sistem elektrikal, mekanikal, dan oksigen pada lantai gedung parkir tersebut. “Jadi, tidak sembarangan [konversi] ICU, kami menggunakan fasilitas yang ada [di RSUP dr.Sardjito],” kata Danis.

Sementara itu, Danis mencatat pihaknya akan menambah 30 unit kamar ICU di RSD Covid-19 Lapangan. Menurutnya, upaya tambah kapasitas perawatan Covid-19 di kedua RS tersebut dilakukan lantaran kebutuhan unit ICU di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah bertambah menjadi 200 unit akibat lonjakan kasus positif infeksi virus corona.

Surabaya & Solo

Di samping itu, Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU di Surabaya sebanyak 75 unit. Penambahan tersebut akan dilakukan di RSUD Dr. Soetomo dan RSAL dr. Ramelan. Danis berujar penambahan unit ICU tersebut bertujuan untuk menurunkan angka rasio okupansi tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) di Kota Pahlawan.

Di Kota Solo, Danis menyampaikan sedang mengkonversi Wisma Haji Donohudan menjadi RSD Covid-19. Menurutnya, RSD Covid-19 tersebut akan memiliki 352 tempat tidur bagi pasien Covid-19 bergejala sedang.

Selain itu, lanjutnya, RSD Covid-19 Wisma Haji Donohudan juga akan menjadi tempat isolasi mandiri terpusat. Adapun gedung yang akan dipakai adalah Gedung Makkah yang ada dalam kompleks wisma haji tersebut.

Baca Juga: Simak Terbunuhnya Presiden Haiti, 12 Terluka Tembak, 8 Pelaku Diburu

“Di samping [mengonversi gedung non fasilitas kesehatan menjadi] RSD Covid-19, kami juga mendukung orang tanpa gejala dan pasien Covid-19 gejala ringan untuk isolasi terpusat. Itu untuk menghindari masyarakat yang isolasi mandiri terbantu, kalau terpusat ada bantuan gratis,” ucapnya.

Danis mengatakan sejauh ini pihaknya telah mengkonversi beberapa gedung menjadi tempat isolasi terpusat, seperti Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan, Rusun Nagrak di Jakarta Utara, dan Gedung Balai Diklat di Semarang.

Seperti diketahui, data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa lonjakan tertinggi kasus Covid-19 pada pekan ini atau per 14 Juni 2021 terjadi di lima provinsi, yaitu yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Adapun, perincian peningkatan kasus di lima provinsi tersebut adalah 7.132 kasus di DKI Jakarta, Jawa Tengah 4.426, Jawa Barat 2.050, dan Yogyakarta 973 kasus.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Anggota TNI yang Ditemukan Tewas, Ditusuk Saat Mencoba Melerai Perkelahian

Sertu Yorhan Lopo dari Menzikon Puziad TNI AD akhirnya tewas setelah berlari 50 meter akibat ditusuk Ivan Victor Dethan karena mencoba melerai perkelahian.

Anggota TNI Jadi Korban Pembunuhan, Mayat Ditemukan di Lahan Kosong

Seorang anggota TNI ditemukan tewas terbunuh, sementara seorang lainnya mengalami luka tusuk dalam peristiwa yang terjadi di Depok.

Divonis 4,5 Bulan Penjara atas Kepemilikan Senjata Api, Kivlan Zen Banding

Kivlan Zen bersikeras menyatakan tidak bersalah atas kasus kepemilikan senjata api dan peluru tajam ilegal sehingga mengajukan banding atas vonis majelis hakim PN Jakarta Pusat.

Wah, 54 Raja dari Seluruh Indonesia Bakal Berkumpul di Sumedang

Presiden Jokowi direncanakan membuka Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) di Keraton Sumedang Larang.

Dipanggil KPK Hari Ini, Azis Syamsuddin Bakal Ditangkap di Jumat Keramat?

KPK memanggil Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, diduga terkait kasus suap AKP Stepanus Robin Pattuju.

Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2021/2022, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan kuliah perdana.

10 Berita Terpopuler : Tips Cegah Pendarahan Otak - Pria Cabuli Bocah Pakai Selang

Informasi terkait sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah pendarahan otak hingga pencabulan Karanganyar masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Kota Semarang Nomor 1 Kasus Kematian Covid-19 Terbanyak

Kota Semarang menjadi daerah dengan kasus kematian Covid-19 terbanyak se-Indonesia menurut laporcovid19.

Round Up Luhut vs Haris Azhar: Buka Keterlibatan Jenderal Lain, Bakal Berbuntut Panjang

Kubu Haris Azhar mengancam akan membongkar semua kebobrokan Luhut Binsar Pandjaitan di pusaran mafia tambang papua.

Solopos Hari Ini: PTM Jalan Terus, Dalang Mengamen Menjemput Rezeki

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, memastikan PTM jalan terus meski muncul ribuan klaster baru Covid-19 dari kalangan siswa dan guru.

Tim Haris Azhar: Luhut Kami Ajak Ketemu Tapi Tidak Datang

pihak Luhut tetap pada pendirian mereka, yang meminta Haris Azhar meminta maaf serta menghapus video.

Dukung Luhut, Direktur CISA: Lapor Ke Polisi Langkah Tepat

Herry mengatakan seharusnya jika seseorang memiliki bukti keterlibatan Luhut dalam bisnis tambang di Papua melaporkan kepada kepolisian.

Luhut Janjikan Rp100 Miliar, Begini Tanggapan Aktivis Papua

Lebih baik Luhut meninjau ulang izin-izin investasi yang membuat masyarakat adat di Bumi Cenderawasih sengsara.

Ini Dia Jejak Para Jenderal di Perusahaan Tambang Papua

Hinsa pernah menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih Papua pada 2015-2017.

Dilaporkan ke Polisi, Kubu Haris Azhar: Kami akan Buka Semua Kebusukan Luhut Cs.

Luhut Binsar Pandjaitan beserta TNI/Polri terdeteksi terkoneksi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Madinah Qurrata’Ain (PTMQ).