SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel lipat. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO-Jenama ponsel asal China Xiaomi merilis ponsel lipat teranyar MIX Fold 3 di negeri asalnya pada Agustus, namun, belum ada tanda-tanda gawai itu akan masuk Indonesia. Simak ulasannya di info gadget kali ini.

Manajer Pemasaran Produk Xiaomi Indonesia Calvin Nobel saat ditemui di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (24/10/2023), mengatakan ingin memberikan pengalaman menggunakan ponsel lipat terbaik ketika gawai tersebut masuk Indonesia suatu hari nanti.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kita lihat terus perkembangannya dan mudah-mudahan, kalau permintaan banyak, Mi Fans [sebutan untuk penggemar Xiaomi] banyak yang minta, semoga kita bisa lihat inovasi tersebut,” kata Calvin dikutip dari Antara pada Rabu (25/10/2023).

Xiaomi setidaknya sudah meluncurkan tiga ponsel lipat dan belum satu pun yang dirilis di Indonesia. Untuk saat ini, ponsel lipat Xiaomi, termasuk MIX Fold 3, baru beredar di China.

Menurut Calvin, ada banyak faktor untuk membawa ponsel lipat Xiaomi ke Indonesia termasuk soal produk, harga dan konsumen. Selain itu, perangkat lunak, perangkat keras dan layanan purnajual juga penting untuk ponsel lipat.

“Kita menunggu kira-kira perkembangan teknologi selanjutnya seperti apa,” kata Calvin.

Di Indonesia, Samsung dan OPPO konsisten memperbarui ponsel lipat mereka setiap tahun melalui seri Galaxy Z Fold, Galaxy Z Flip dan Find N.  Alih-alih ponsel lipat, pada kuartal terakhir 2023 mereka merilis semi-flaghsip Xiaomi 13T yang menggunakan kamera hasil kolaborasi Xiaomi dengan Leica.

Sebelumnya, dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (25/10/2023), Xiaomi memang sudah memiliki ponsel lipat yakni Xiaomi Mi Mix Fold (2021) dan Xiaomi Mix Fold 2 (2022).  Kedua ponsel Xiaomi itu memiliki sistem lipatan ke dalam alias inward. Di sisi lain, vendor smartphone lain seperti Samsung, Oppo, dan Vivo sudah meluncurkan ponsel dengan sistem lipatan kulit kerang.

Sebut saja Samsung Galaxy Z Fold 4, Oppo Find N2, Vivo X Fold 2, hingga Huawei Mate X3. Lipatan kulit kerang alias clamshell ini berupa lipatan vertikal ke dalam hingga berbentuk persegi.

Jenis lipatan clamshell ini dikembangkan vendor smartphone karena lebih ringkas untuk dimasukkan ke dalam kantong kecil di celana, baju, atau tas.
Dilansir dari Digital Chat Station dalam media sosial Weibo, Xiaomi dikabarkan tengah menggodok ponsel lipat clamshell.

Ponsel “Flip” yang digagas Xiaomi ini diklaim akan cukup ringan dan memiliki dimensi yang tipis. Bisa jadi, desain ponsel baru Xiaomi ini menyerupai Mix Fold 2 yang diklaim sebagai ponsel tertipis saat ini.

Meski belum disebutkan apa nama ponsel yang dikembangkan Xiaomi dan kapan akan diluncurkan, namun Digital Chat Station cukup yakin dengan rumor ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya