Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan Sukoharjo Dimulai? Ini Kata Samsat

Samsat Sukoharjo telah melakukan berbagai upaya agar kepatuhan wajib pajak (WP) meningkat. Di antaranya program pembebasan denda, bea balik nama (BBN) dan mutasi selama 5 bulan pada 2021.

 Situasi warga mengantre di parkiran Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Sukoharjo, Senin (4/7/2022). (Magdalena Naviriana Putri)

SOLOPOS.COM - Situasi warga mengantre di parkiran Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Sukoharjo, Senin (4/7/2022). (Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Penerimaan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di Kabupaten Sukoharjo pada Mei mencapai 35,95% dari jumlah target yakni Rp113.343.560.000. Sementara itu pajak kendaraan bermotor (PKB) tiap bulannya rata-rata mencapai 1.500 objek kendaraan.

Bila dibandingkan, capaian PKB di Kabupaten Sukoharjo pada 2020 lebih jauh dari target.  Hal itu lantaran adanya pandemi Covid-19. Penerimaan ditargetkan Rp236 miliar, namun hanya terealisasi Rp207 miliar atau sebesar 87,79 persen.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sementara, pada 2021 realisasi PKB sebanyak 95% dari target Rp157 miliar. Disusul capaian BBNKB pada 2021 sekitar 91% dari target sebesar Rp96 miliar.

“Tahun 2020 memang sedikit berat karena masa pandemi Corona, sehingga capaian pajak kendaraan bermotor tidak bisa optimal. Tahun 2021 terhitung naik dibandingkinkan sebelumnya ya, kalau tahun ini belum terlihat karena baru satu semester,” kata dia.

Kasi PKB Unit Pengelolaan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Sukoharjo, Wahjoe Widodo, Senin (4/7/2022), mengatakan berbagai upaya telah dilakukan agar kepatuhan wajib pajak (WP) meningkat.

Baca juga: Ribuan Kendaraan Roda Dua Nunggak Pajak, Nggak Bayar Karena Lupa

Di antaranya program pembebasan denda, bea balik nama (BBN) dan mutasi selama 5 bulan pada 2021, namun tetap saja belum mendongkrak perolehan pajak kendaraan bermotor.

Sementara pada 2022 dia menyebut belum mengetahui apakah akan ada program pembebasan denda atau BBN yang dikenal dengan pemutihan itu. Lantaran hal itu menjadi kebijakan pemerintah provinsi.

“Kalau pemutihan kami menunggu dari pak gubernur. Kalau sekarang belum ada informasi soal pemutihan itu,” jelas Wahjoe.

Sementara berdasarkan laman Bisnis.com ada sembilan provinsi yang memberikan pemutihan pajak kendaraan bermotor pada 2022. Wilayah tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Banyak Kendaraan Baru, Pembayaran Pajak Sukoharjo 1.500 Per Bulan

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      Sukoharjo Gudangnya Tanaman Obat dan Kosmetik, Ini Daftar Lokasinya

      Penanaman biofarmaka di Sukoharjo tersebar di 12 kecamatan. Daerah Sukoharjo Selatan  seperti Nguter, Tawangsari, Bulu dan Bendosari menjadi lokasi persebaran terbanyak tanaman biofarmaka.

      Kuasa Hukum Ahli Waris: Silakan Bersih-Bersih Sriwedari Solo, Tapi...

      Kuasa hukum ahli waris tanah Sriwedari, Solo, mempersilakan Pemkot melakukan bersih-bersih kawasan tanah sengketa itu, tapi juga mengingatkan ihwal putusan pengadilan.

      Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

      Pengerjaan tahap II proyek rel layang memunculkan lokasi kemacetan baru di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo.

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo Bungah Banget, Ini Penyebabnya

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.

      Soal Sriwedari Solo, Gibran Disarankan Konsultasi ke Kementerian Ini

      Pemkot Solo disarankan untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat sebelum melakukan upaya penataan di lahan kawasan Sriwedari.

      Banyak Ditemukan di Wonogiri Bagian Selatan, Ini Manfaat Tanaman Sorgum

      Wonogiri bagian selatan dinilai menjadi sentra produksi tanaman sorgum.

      Murah dan Segar Soto Kuah Rempah Budhe Djiman di Nogosari Boyolali

      Menikmati kuliner legendaris yakni Warung Soto Budhe Djiman milik Jiman yang berdiri sejak 1991 di Dusun Nogosari Baru, Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.

      Tersangka Ungkap Alasannya Nekat Jual Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Dua tersangka, S dan G, mengungkapkan alasannya nekat jual lahan Bong Mojo yang merupakan aset Pemkot Solo.

      Produktivitas Kedelai Lebihi Target, Cawas Dilirik Jadi Soybean Village

      Kecamatan Cawas digadang-gadang menjadi soybean village, perkampungan yang mengembangkan kedelai dari hulu hingga hilir.

      Asal Usul Kenapa Kaki Gunung Lawu di Karanganyar Dinamakan Tawangmangu

      Asal usul kenapa wilayah kaki Gunung Lawu di Karanganyar dinamakan Tawangmangu tak lepas dari sejarah tentang Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa.

      Ditetapkan, Ini 2 Tersangka Kasus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Polresta Solo menetapkan dua orang berinisial S dan G sebagai tersangka dalam kasus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Produksi Sorgum di Wonogiri Menurun, Kini Tak Sampai 1.000 Ton/Tahun

      Produksi tanaman sorgum di Wonogiri cenderung turun dari tahun ke tahun.