SOLOPOS.COM - Ilustrasi Al-Qur'an. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat jadwal kapan Nuzulul Quran 2022 diperingati oleh umat muslim, beserta pengertian dan amalan yang harus dilakukan.

Dilansir situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU online, Nuzulul Quran adalah waktu di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an di Madinah dan Makkah,  sehingga surat-surat dalam Al-Qur’an terbagi dua golongan, yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Di Indonesia sendiri banyak yang memperingati Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadan.

Baca Juga:  Pakai Softlens saat Puasa Bikin Batal atau Tidak? Begini Hukumnya

Dari penjelasan di atas terjawab kapan waktu Nuzulul Quran 2022 tiba. Merujuk pada situs Al-habib.info, dalam kalender Masehi, tanggal 17 Ramadan jatuh pada 19 April 2022.

Bagi umat muslim di Tanah Air, Nuzulul Quran biasanya diperingati pada malam hari dan diisi dengan acara khusus, seperti pengajian, istigasah, tahlil, tumpengan, khatam Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Mengutip dari situs resmi Kementerian Agama Kanwil Maluku Utara, keutamaan Nuzulul Quran adalah untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, mengharapkan diampuni segala dosanya, serta mendapat pahala berlipat-lipat.

Untuk mendapat keberkahan, ampunan dan pahala ada amalan yang diamalkan pada malam Nuzulul Quran. Di mana menurut sebagian ulama, amalan dilakukan saat Nuzulul Quran adalah membaca Al-Qur’an.

Baca Juga: Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Saat Puasa, Bolehkah?

Selain itu, umat muslim juga disarankan untuk melakukan itikaf, yakni berdiam diri di masjid dengan membaca Al-Qur’an. Kemudian, juga diminta untuk berzikir dan salat malam, seperti salat tahajud atau pun salat hajat.

Baca Juga: Gaji PNS atau TNI, Mana yang Lebih Besar? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya