SOLOPOS.COM - Pengamatan hilal Tim Astronomi dan Ilmu Falak dari MAN 1 Solo, Kamis (23/4/2020). Hasil Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada 24 April 2020 artinya hari pertama akan dimulai besok. (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, JAKARTA — Tanggal 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idulfitri jatuh pada Senin (2/5/2022) berdasarkan hisab.

Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama (Kemenag), Cecep Nurwendaya, menyampaikan hasil hisab berdasarkan kriteria baru Menteri Agama Brunei Indonesia Malaysia dan Singapura (MABIMS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Cecep, Indonesia sudah memenuhi syarat kriteria minimum tinggi hilal, yakni tiga derajat dan elongasi 6,4 derajat.

“Sehingga tanggal 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh bertepatan dengan hari Senin 2 Mei 2022. Berdasar hisab. Sebagaimana kita ketahui bersama, hisab sifatnya informatif [sehingga] memerlukan konfirmasi [rukyat],” katanya seperti dikutip dari YouTube Bimas Islam TV, Minggu (1/5/2022).

Kemudian, sambung Cecep, rukyat di Indonesia menggunakan pedoman atau rambu batas elongasi geosentrik minimal 6,4 derajat. Oleh karena itu, lanjutnya, sebagian besar wilayah Indonesia memungkinkan dapat berhasil melakukan rukyat hilal.

Baca Juga : Tetapkan Idulfitri 1443 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat pada 1 Mei

“Ada 99 titik rukyat hilal awal Syawal 1443 Hijriah di wilayah Indonesia pada Ahad [Minggu] tanggal 1 Mei 2022 atau 29 Ramadan 1443 H,” tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal sudah mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria tersebut merupakan kriteria baru MABIMS setelah sebelumnya mendapatkan kritik dan masukan. Pada kriteria sebelumnya posisi hilal berada pada ketinggian 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kapan 1 Syawal 1443 H? Kemenag: Syarat Hisab Terpenuhi, Tinggal Tunggu Rukyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya