SOLOPOS.COM - Ilustrasi Salat Iduladha. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kapan dan tanggal berapa Hari Raya Iduladha 2023 banyak dicari masyarakat mengingat Lebaran Haji tersebut tinggal beberapa pekan lagi.

Selain Hari Raya Idulfitri, satu hari lainnya yang ditunggu-tunggu umat Islam adalah Hari Raya Iduladha yang juga dirayakan setiap tahun.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Hari Raya yang identik dengan kurban tersebut dirayakan setiap tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah. Pada hari-hari tersebut, umat Islam yang mampu biasanya melakukan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Menjelang Hari Raya Iduladha 2023, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan dan tanggal berapa sih Lebaran Haji pada tahun ini?

Berdasarkan Surat Edaran Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah tertanggal 23 Desember 2022, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu telah menetapkan Hari Raya Iduladha 2023 jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H.

Sementara itu, pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Hari Raya Iduladha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dengan demikian, ada kemungkinan Hari Raya Iduladha pada tahun ini berbeda hari.

Perbedaan ini tidak hanya terjadi sekali saja. Pada Hari Raya Iduladha 2022, Hari Raya Iduladha juga diperingati di hari yang berbeda. Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Iduladha 2022 jatuh pada 9 Juli, sedangkan pemerintah melalui sidang isbat memutuskan 10 Zulhijah jatuh pada Minggu, 10 Juli 2023.

Bahkan, Hari Raya Iduladha 2022 di Indonesia juga berbeda dengan Lebaran Haji yang diperingati oleh Arab Saudi. Pada saat itu, juga sempat menghebohkan masyarakat umat muslim di Tanah Air. Meskipun begitu, Hari Raya Iduladha 2022 tetap bisa dirayakan dengan penuh khidmat dan hikmah.

Demikianlah penjelasan mengenai kapan dan tanggal berapa Hari Raya Iduladha 2023 versi Muhammadiyah dan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya