SOLOPOS.COM - Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Pemerintah pusat belum bisa pastikan kapan dan dimana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY digelar

Harianjogja.com, JOGJA –Pemerintah pusat belum bisa pastikan kapan dan dimana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY digelar. Padahal, sesuai jadwal yang diusulkan oleh pihak DPRD DIY, pelantikan itu seharusnya digelar pada 10 Oktober mendatang.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Hal itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. Ditemui sebelum memberikan pengarahan pada kegiatan pembekalan organisasi kemasyarakatan (ormas) kepada Rajatikam di Pusdiklat Badan Pengembangan dan Sumberdaya Kemendagri Yogyakarta, Kamis (21/9/2017), Tjahyo mengakui bahwa surat dari DPRD DIY sudah masuk ke pemerintah pusat dan telah diteruskannya kepada Presiden Jokowi melalui Sekretariat Negara (Setneg).

Bahkan, ia pun telah meminta Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) untuk terus berkomunikasi dengan pihak DPRD DIY terkait hal itu.

Dirinya mengaku berbagai kemungkinan terkait pelantikan itu masih sangat terbuka. Salah satunya adalah digelarnya pelantikan di Istana Gedung Agung Yogyakarta. “Bisa saja [di Istana Gedung Agung]. Karena amanat regulasinya berbunyi, pelantikan dilakukan di istana negara,” tambahnya.

Begitu juga dengan pelaksanaannya. Ia belum tahu pasti, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY nantinya akan digelar tersendiri atau dibarengkan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Jika pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY diusulkan tanggal 10 Oktober, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dijadwalkan akan digelar pada 17 Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya