SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Fendiawan, memprotes keras pengelola kapal tongkang pembawa batubara yang kembali melintasi perairan Taman Nasional Karimunjawa, Jateng.

Menurut Fendiawan, kapal tongkang tidak seharusnya melewati kawasan perairan Karimunjawa, lantaran sudah ada jalur tersendiri untuk kapal tongkang meskipun terjadi gelombang tinggi akibat cuaca buruk. “Secara aturan, kapal tongkang memang tidak diperbolehkan melintasi atau bersandar di perairan Karimunjawa,” katanya, Selasa (3/9/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fendiawan menegaskan jika masih terdapat kapal tongkang masuk di kawasan perairan Karimunjawa, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait seperti Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTN) untuk mengusir kapal tongkang dan memberikan sanksi denda jika terbukti merusak terumbu karang di perairan Karimunjawa. “Kami akan usir dan beri sanksi denda kepada pemilik tongkang jika masih ada yang bandel masuk di perairan Karimunjawa,” tuturnya.

Sementara itu, Pegiat Greenpeace Indonesia, Dinar Bayu menyayangkan kapal tongkang yang masih saja nekat bersandar atau berhenti di Karimunjawa. Hal itu akan berakibat buruk pada habitat laut yang ada di Karimunjawa.

Berdasarkan hasil analisisnya selama ini kerusakan paling parah di Karimunjawa adalah kerusakan karang. Pasalnya, Karimunjawa kerapatan karang masih sangat bagus dibanding wilayah perairan lain.

Dia menyebutkan rata-rata kapal tongkang melintasi Karimunjawa ketika musim angin barat dan musim angin timur dengan tujuan untuk suplai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang ada di Jawa Tengah. “Sangat disayangkan, padahal karang di Karimunjawa masih sangat bagus,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya