SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban tenggelam (JIBI/Solopos/Dok.)

SAMARINDA–Kecelakaan laut kembali terjadi. KM Karya Indah yang mengangkut sekitar 40 karyawan PT Kalamur tenggelam di perairan Sungai Mahakam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim menyebutkan data sementara 14 orang selamat, 1 tewas dan 25 orang hilang masih dalam pencarian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hingga pukul 22.00 WITA, 25 orang dinyatakan hilang dan sekarang masih dalam pencarian,” kata Kepala BPBD Kaltim Wahyu Widhi Heranata kepada wartawan di Posko Informasi Tim SAR Gabungan, Dermaga PT Kalamur, Samarinda, Rabu (17/4/2013) malam.

Menurut dia, korban meninggal dan selamat umumnya adalah perempuan. Belakangan diketahui, pelampung yang tersedia banyak yang tidak digunakan oleh karyawan saat masih di atas kapal tersebut.

“Dari informasi kita himpun, ironisnya penumpang tidak menggunakan pelampung yang disediakan,” ujar Wahyu.

Meski begitu, Wahyu belum bisa memastikan kapal nahas itu tenggelam lantaran mengalami kebocoran. Menurutnya, hal itu hanya bisa dipastikan melalui penyelidikan kepolisian.

“Itu tugas kepolisian. Saya tidak bisa memastikan apakah kapal itu bocor. Tugas saya hanya evakuasi sesegera mungkin. Tim SAR gabungan mencari, juga melibatkan Polri dan TNI. Kita juga memperhatikan kondisi sungai pada malam hari,” pungkasnya.

KM Karya Indah tenggelam di perairan Sungai Mahakam, Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur, sekitar pukul 18.30 WITA. Dari 40-an penumpang, korban selamat maupun meninggal dunia dievakuasi ke RS Trauma Centre Loa Janan dan RS IA Moeis di Samarinda Seberang.

Tim SAR gabungan antara lain dari BPBD Provinsi Kaltim, BPBD Kota Samarinda, Brimob Polda Kaltim, Basarnas serta masyarakat, masih melakukan pencarian korban lainnya. JIBI/SOLOPOS/Dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya