SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA- Sebanyak 12 WNI selamat dari peristiwa kapal tenggelam di Filipina. Mereka kru Kapal Sun Spirits, sebuah kapal kargo berbendera Panama. Kapal itu tenggelam karena terjangan ombak besar.

“Mereka berhasil diselamatkan oleh Philippine Coast Guard (PGC). Dua krew kapal lainnya yang berkebangsaan Korea juga telah berhasil diselamatkan,” tulis siaran pers KBRI Manila yang diterima, Senin (23/1/2012).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Nama 12 WNI yang selamat dari musibah itu adalah Soerjanto (asal Ambarawa), Adi Sutrisno (asal Jakarta), Ali Imron (asal Bangkalan), Tony Liston, Sukardi Sudarto (asal Jakarta), Zainal Arifin (asal Bangkalan), Golfan Arif (asal Bangkalan), Mas’ud (asal Bangkalan), Nuhayat (asal Gresik), Agus Sugiarto (asal Banyuwangi), Kushendra (asal Surabaya) dan Mat Rohim (asal Bangkalan).

KBRI Manila juga menerangkan, pihak keamanan Filipina menyebut kapal yang kargo itu mengalami kecelakaan dalam perjalanan menuju Cina. Lokasi kecelakaan berjarak sekitar 38 mil laut dari Binorong Point, Catanduanes Island, Filipina.

“Pada saat kecelakaan terjadi kapal tersebut sedang mengangkut iron sand. PGC belum dapat memastikan penyebab tenggelamnya kapal,” jelas KBRI Manila.

Pihak keamanan Filipina juga menjelaskan, saat peristiwa kecelakaan kapal kargo itu terjadi, para WNI tersebut ditolong oleh dua kapal yang berada di sekitar lokasi kecelakaan, yaitu NB Oriental Xanadu yang berhasil menolong 10 kru WNI dan dua kru WNI lainnya telah ditolong oleh sebuah kapal penangkap ikan yang belum diketahui identitasnya.

Pada 22 Januari, KBRI telah berhasil melakukan komunikasi per telepon dengan seorang kru bernama Soerjanto. Dalam keterangannya kepada pihak KBRI, Soerjanto menyampaikan bahwa semua kru WNI selamat dan dalam keadaan baik.

“Soerjanto menjelaskan bahwa kapal tenggelam tanggal 21 Januari 2012 akibat ombak besar dan seluruh krew telah berhasil diselamatkan dari kapal pada pukul 12.30 waktu setempat sebelum kapal tenggelam. Saat ini PGC telah membawa para krew Sun Spirits ke Legazpi City, Propinsi Albay, Filipina, sekitar satu jam perjalanan dengan pesawat udara dari Manila, untuk menjalani medical check up di sebuah rumah sakit di kota tersebut,” tutur KBRI Manila.

Untuk membantu kedua belas WNI tersebut KBRI telah melakukan koordinasi dengan agen kapal di Manila, Philhua Shipping Company, yang menyatakan bahwa semua krew kapal akan diberangkatkan ke Manila pada 23 Januari 2012. detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya