SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenggelam. (Medicalnewstoday.com)

Kapal pengangut tamu pernikahan ini tenggelam di Kaltim dan menyebabkan 4 orang tewas dan 4 orang hilang.

Solopos.com, JAKARTA — Kapal kayu yang bermuatan penumpang, KM Vega tenggelam di perairan Muara Selangot, Tanjung Aru, Kalimantan Timur. BPBD Kalimantan Timur melaporkan 4 orang meninggal dunia sedangkan 4 orang dinyatakan hilang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penumpang adalah rombongan warga yang akan menghadiri pernikahan berangkat dari Desa Lori di Paser menuju Tanjung Harapan. Mereka menyewa KM Vega, kapal kayu yang sehari-hari digunakan untuk mencari ikan,” kata Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulis, Jumat (6/5/2016), yang dikutip Detik.

Peristiwa itu terjadi Kamis (5/5/2016) pada pukul 15.00 Wita. Kapal tersebut diperkirakan kelebihan muatan sehingga tenggelam.

“Laporan Pusdalops BPBD Kalimantan Timur terdapat 4 orang meninggal dunia, 4 orang hilang dan 40 orang selamat. Diperkirakan kapal kayu berkapasitas lima ton, kelebihan muatan sehingga tenggelam,” sambung dia.

Sutopo mengatakan, kapal sejenis pada umumnya hanya berkapasitas 28 orang, namum KM Vega diisi 48 orang termasuk anak-anak. Kapal itu tenggelam pada perairan dangkal berjarak 12,5 kilometer dari pantai di perairan Selangot, kata Sutopo. Petugas masih melakukan pendataan terhadap jumlah penumpang.

“Penumpang segera menyelamatkan diri dengan alat apa adanya. Tidak adaya manifes menyebabkan jumlah penumpang secara pasti masih berbeda-beda. Pendataan masih dilakukan oleh aparat,” urai Sutopo.

Petugas masih terus melakukan pencarian dibantu warga dan nelayan sekitar. “Basarnas mengerahkan kapal untuk mencari korban. Masyarakat dan nelayan sekitar juga ikut membantu melakukan pencarian korban. Evakuasi saat ini difokuskan pada 2 titik,” jelas Sutopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya