Kapal Malaysia 9 kali ilegal masuki RI

JAKARTA: Hingga April 2009 TNI AL mencatat Kapal milik Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) dan Police Marine Malaysia ternyata bukan sekali dua kali memasuki perairan Indonesia. Kapal negeri seberang itu tercatat sudah sebanyak 9 kali memasuki teritori maritim RI.

"Unsur TLDM dan Police Marine Malaysia secara rutin melaksanakan lintas laut dari dan ke Tawau setiap hari rata rata empat unsur. Pada kesempatan lintas laut itulah seringkali mencoba memasuki wilayah Kedaulatan Republik Indonesia (RI) dan berhasil dihalau oleh kapal perang TNI AL," kata  Kadispenal Laksma TNI Iskandar Sitompul dalam siaran pers, Selasa (26/5).

Meskipun dengan dukungan anggaran yang serba terbatas, TNI AL tetap konsisten dalam menjaga wilayah kedaulatan RI. Kapal perang TNI AL, KRI Untung Surapati-872 berhasil mengusir kapal perang Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), KD Yu-3508 yang mencoba memasuki wilayah kedaulatan Republik Indonesia di perairan Blok Ambalat, Senin sore(25/5/2009) sekitar pukul 15.00 Wita.

TNI AL jenis korvet kelas Parchim eks Jerman itu lalu melakukan pengejaran untuk menghalau KD YU-3508 sekaligus memberikan perintah agar segera keluar dari wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Setelah diberikan peringatan dengan tegas, KD YU-3508 melakukan diam radio dan keluar dari wilayah NKRI. (Sindikasi berita Detik.com)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom