SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KAIRO- Kapal Induk Amerika Serikat USS John Paul Jones (JPJ), memberi bantuan medis terhadap seorang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang menderita sakit di atas kapal kargo berbendera Panama yang sedang berlayar di Teluk Persia.

“Alhamdulillah, saya sudah sembuh dari sakit usus buntu setelah mendapat perawatan dan operasi di rumah sakit di kamp militer AS di Kuwait,” kata Otib Muhammad dalam wawancara lewat telepon dari Kairo, Minggu (22/1/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemuda lajang berusia 37 tahun asal Madura itu saat ini ditampung di KBRI Kuwait setelah menjalani operasi usus buntu pada Jumat (20/1).

Otik yang bekerja di kapal kargo, Achilles, berbendara Panama itu mengisahkan, ia menderita sakit sejak sembilan hari lalu di atas kapal di tengah laut bagian utara Teluk Persia, sekitar 52 mil dari pantai Irak.

“Tiga hari lalu, sakit usus buntu saya mencapai puncaknya dan tidak tertahankan lagi. Kapten akhirnya mengontak kapal sekitar untuk meminta pertolongan medis dan saya pun diangkut lewat helikopter ke kamp Militer AS di Arifjan, Kuwait,” ujarnya.

Pihak militer AS kepada KBRI Kuwait menjelaskan, Kapal Induk JPJ segera mengirim helikopter yang sedang bersiaga di JPJ setelah menerima informasi permintaan pertolongan dari sebuah kapal berbendera Panama.

KBRI Kuwait menyampaikan terima kasih kepada AS atas tindakan darurat yang sangat cepat untuk menolong WNI tersebut.

“Pak Dubes (Duta Besar RI untuk Kuwait), Ferry Adamhar, telah mengirim Nota Diplomatik ucapan terima kasih kepada Dubes AS di Kuwait,” kata Afrian Asri, Staf Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kuwait.

Otib menjelaskan, terdapat 10 WNI termasuk dia, bekerja di kapal kargo yang mengirim barang dari dan ke berbagai negara tersebut.

Saat ini Kapal Achilles yang mengangkut gandum dari Kanada itu sedang membongkar muatannya di salah satu dermaga di Irak. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya