SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/waspada)

Ilustrasi (google/waspada)

WONOGIRI--Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonogiri menyoal kondisi kantor sekretariat yang tidak dilengkapi fasilitas listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kantor sekretariat Panwaslu Wonogiri berada di Jl Diponegoro, sebelah timur Lapangan Bulusulur, Kecamatan Wonogiri. Kantor tersebut disediakan Pemkab Wonogiri sebagai bentuk dukungan pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) Mei 2013 mendatang, sesuai permintaan Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Jawa Tengah.

Ketua Panwaslu Wonogiri, Tulus Premana Edi, saat ditemui wartawan di lokasi setempat, Rabu (21/11/2012) menyayangkan kondisi kantor yang tidak dilengkapi fasilitas listrik tersebut. Gara-gara kondisi itu anggota Panwaslu terpaksa beraktivitas di teras bangunan.

“Saat kami mulai menggunakan kantor [Rabu], kami bingung karena tidak ada listrik. Mau nge-print tidak bisa, ruangan gelap, jadi kami di luar.”

Berdasarkan informasi yang dihimpun pihaknya, listrik di bangunan itu diputus PLN Wonogiri sejak sekitar dua tahun silam. Pasalnya, ketika itu Pemkab tidak memenuhi tagihan listrik selama tiga bulan. Sebelum listrik mati, kantor tersebut digunakan sebagai kantor sekretariat Panwaslu Wonogiri selama pemilihan bupati 2010. Kantor tersebut pernah pula dipakai Dinas Perkebunan sebelum bergabung dengan Kehutanan.

Tulus berharap Pemkab memberikan dukungan secara total, termasuk dengan menyediakan aliran listrik. Dia mengakui Panwaslu memang mendapat anggaran untuk operasional kegiatan dari Pemprov Jawa Tengah. Namun, anggaran tersebut tidak termasuk pemasangan listrik baru.

“Kami sudah cari info, pasang listrik baru butuh biaya Rp2,5 juta. Panwaslu tidak punya anggaran senilai itu,” ujarnya.

Dia menambahkan jika memang tidak ada solusi dari Pemkab, Panwaslu akan menyajukan anggaran untuk keperluan itu pada APBD 2013. Tulus menginginkan anggaran itu secepatnya digulirkan karena saat ini pekerjaan Panwaslu telah dimulai. Mulai Senin (19/11/2012), Panwaslu telah menerima berkas pendaftaran panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya