SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan khusus CPNS di Kantor Pos. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Kantor Pos Besar Solo berencana buka hingga pukul 00.00 WIB untuk melayani penyerahan berkas calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Selasa (23/9/2014). Hal tersebut untuk memaksimalkan pelaksanaan CPNS, khususnya di Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo.

Supervisor Pemasaran Kantor Pos Besar Solo, Tati Nurhayati, menyampaikan hingga Jumat (19/9) tercatat ada sekitar 2.067 dokumen lamaran CPNS Solo yang masuk ke kantor pos. Menurut dia, penerimaan tersebut baru setengah dari jumlah pelamar secara online sekitar 4.000 orang. Padahal pengiriman berkas hanya dilayani hingga Selasa (23/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oleh karena itu, supaya tidak menyecewakan masyarakat, pihaknya berencana membuka layanan hingga pukul 00.00 WIB hingga batas akhir pengumpulan berkas. Diakuinya baru sekitar dua hari, penerimaan berkas CPNS Solo mulai banyak. Hal ini karena pelamar harus mendaftar secara online terlebih dahulu.

“Selain itu, KTP juga dipersyaratkan untuk dilegalisir terlebih dahulu sehingga bagi perantauan membutuhkan waktu lebih lama untuk melengkapi berkas yang ada. Oleh karena itu, kami memprediksi akan ada penumpukan pengiriman berkas menjelang penutupan,” ungkap Tati saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (20/9).

Dia mengatakan pihaknya hanya menerima berkas dan menyortirnya berdasarkan formasi yang dibuka. Untuk verifikasi data dilakukan langsung oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo. Tati mengatakan pihaknya hanya bisa mengingatkan pelamar untuk melengkapi berkas, berupa amplop balasan beserta perangko.

Hal ini karena pengumuman dan nomor ujian CPNSD dikirim melalui pos.

Menurut dia, selama ini pihaknya masih belum membuka loket khusus untuk penerimaan berkas CPNS. Dia mengatakan tujuh loket regular yang ada masih cukup untuk melayani kebutuhan konsumen. Namun dia menuturkan tidak menutup kemungkinan akan ada pembukaan loket khusus apabila diperlukan.

Penambahan loket pun bisa langsung dilakukan karena pihaknya sudah mempersiapkan petugas dan juga perlengkapan yang dibutuhkan seperti komputer.

Dia mengatakan secara total penerimaan berkas CPNS untuk daerah maupun nasional yang dikirim melalui kantor pos tahun ini lebih rendah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena satu orang saat ini hanya bisa mendaftar satu instansi sehingga jumlah berkas yang dikirim berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya