Kantor Pos Gladak Pernah Sengaja Dibakar Atas Perintah Slamet Riyadi

Overste Slamet Riyadi di momentum Agresi Militer Belanda II pada 19-20 Desember 1948 memerintahkan untuk meledakkan dan membakar Kantos Pos Gladak yang menjadi bagian dari pembumihangusan seluruh objek vital Pemerintah RI agar tak dikuasai Belanda.

 Kantor Pos Gladak pada 2013. (Wikimapia)

SOLOPOS.COM - Kantor Pos Gladak pada 2013. (Wikimapia)

Solopos.com, SOLO — Overste Slamet Riyadi di momentum Agresi Militer Belanda II pada 19-20 Desember 1948 memerintahkan untuk meledakkan dan membakar Kantos Pos Gladak Solo yang menjadi bagian dari pembumihangusan seluruh objek vital Pemerintah RI agar tak dikuasai Belanda.

Bangunan Kantor Pos Gladak saat ini merupakan hasil revitalisasi pada 1961. Padahal orisinalnya, bangunan lama Kantor Pos dibangun pada 1908 dan mulai beroperasi dua tahun setelahnya. Pada 1910, Kantor Pos Besar Gladak masih bernama Post Telegraaf en Telefoon (PTT) Solo. Kali pertama beroperasi, di depan PTT Solo, atau yang kini Jl. Jendral Sudirman, terdapat rel trem bertenaga kuda.

Menukil buku Sejarah Pos dan Telekomunikasi di Indonesia, 1980, pada hari-hari sebelum 19 Desember 1948, pemuda-pemuda Angkatan Muda PTT Solo dikonsinyir di Kantor Telepon Solo karena di kalangan laskar-laskar perjuangan tersebar berita akan adanya Dooestoot naar Yogya atau Serbuan ke Yogya oleh tentara Belanda. 

Espos Plus

Umbi Kimpul, Calon Pengganti Nasi yang Diperkenalkan Kementan

+ PLUS Umbi Kimpul, Calon Pengganti Nasi yang Diperkenalkan Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) memperkenalkan talas belitung atau yang dikenal dengan umbil kimpul sebagai calon pengganti nasi dari beras. Kimpul dinilai cocok untuk penderita diabetes dan menu diet sebagai salah satu upaya diversifikasi pangan.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Menyeruput Hap Hoo Tjan, Cikal Bakal Kopi Kapal Api yang Melegenda

Pecahnya kongsi bisnis usaha kopi Hap Hoo Tjan yang dirintis di Surabaya sejak 1920 melahirkan nama Kopi Kapal Api yang melegenda hingga kini.

+ PLUS Kaum Muda Sangat Mudah Menjadi Golput

Pembentukan orientasi politik di kalangan pemilih muda dipengaruhi interaksi dalam kehidupan sosial mereka sehari-hari, salah satunya penggunaan media sosial. Mereka sangat mudah menjadi golput.

+ PLUS Ironi Kenaikan Harga Rumah Subsidi dan Buah Pemikiran Sang Proklamator

Upaya menyediakan hunian yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia sudah menjadi buah pemikiran proklamator Muhammad Hatta (Bung Hatta) setelah Indonesia merdeka. Beberapa hal yang disampaikan Bung Hatta saat Kongres Perumahan I pada 1950 masih aktual hingga saat ini.

+ PLUS Kisah Titanic of The East, Kapal Tek Sing Tenggelam di Laut Indonesia

Kapal Tek Sing yang berjuluk Titanic of The East tenggelam pada 14 Januari 1822 di perairan Selat Gelasa atau Selat Gaspar yang memisahkan antara Pulau Bangka dan Belitung, Indonesia, yang dahulunya Hindia Belanda.

+ PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

+ PLUS Dari Gobog Majapahit hingga Rupiah, Lini Masa Mata Uang Indonesia

ada abad ke-14, Kerajaan Majapahit sudah memiliki mata uang sendiri bernama Gobog yang terbuat dari tembaga. Pada masa kolonial, Indonesia mengalami beberapa kali pergantian mata uang. Hingga akhirnya pemerintah meluncurkan rupiah sebagai mata uang resmi beberapa tahun setelah era kemerdekaan.

+ PLUS Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

Lokadrama berjudul Lara Ati, drama berbasis budaya Jawa khas Kota Surabaya, mulai ditayangkan stasiun televisi SCTV pada 15 Agustus 2022. Lokadrama menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dengan nilai-nilai universal.

+ PLUS Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

Mengundang kontroversi di awal kemunculannya, dangdut koplo yang sebelumlnya populer di kalangan masyarakat bawah menjelma sebagai musik populer yang menembus kasta. Bahkan, gaung dangdut koplo mampu menembus kokohnya tembok Istana Merdeka, Jakarta.

+ PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

+ PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

+ PLUS Manusia 4.500 Tahun dari Situs Song Tritis Gunung Kidul

Kerangka manusia purba yang diduga berusia 4.500 tahun ditemukan di Situs Song Tritis, Dusun Semampir, Semugih, Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

+ PLUS Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

+ PLUS Jalan Senyap Soemeini, Pejuang Wanita Nan Pemberani asal Sragen

Sebagai telik sandi yang bertugas memata-matai pasukan Belanda, jalan hidup Soemeini begitu misterius. Dengan taktik yang tergolong unik, pejuang wanita ini berhasil membujuk satu peleton pasukan dari unsur KNIL yang bermarkas di PG Mojo Sragen kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi pada Mei 1949. 

+ PLUS Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

+ PLUS Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

+ PLUS Pendapatan Industri Game 2021 Lebihi Pendapatan Industri Film dan Musik

Industri game seluler secara global dilaporkan mampu menghasilkan pendapatan sekitar $93,2 miliar pada 2021. Angka itu jauh lebih tinggi dari gabungan pendapatan industri film dan musik yang hanya mencapai $78,46 miliar di tahun yang sama.

+ PLUS Thrifting Baju Bekas, Antara Ancaman Kesehatan dan Mencintai Bumi

Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun ditentang oleh pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

+ PLUS Air Laut di Tujuh Mata Air Pablengan Lereng Gunung Lawu

Tujuh mata air di kawasan wisata Sapta Tirta Pablengan di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Karanganyar, lereng Gunung Lawu, rupanya memilki kandungan komponen air laut yang cukup dominan. 

+ PLUS Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060

Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

+ PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.