SOLOPOS.COM - Espos/Oriza Vilosa <b>Dibongkar</b><b>--Sebagaian kantor Kecamatan Kartasura mulai dibongkar dan berada dalam proses penghapusan aset daerah, Kamis (26/5). Rencananya gedung itu akan kembali dibangun dengan mengadopsi arsitek gaya keraton. (JIBI/SOLOPOS/Oryza Vilosa)</b>

Sukoharjo (Solopos.com) – Sebagian bangunan Kantor Kecamatan Kartasura mulai dibongkar, Kamis (26/6). Pembongkaran ini menjadi bagian dari rencana pembangunan kembali kantor kecamatan.

PEMBONGKARAN -- Sebagian gedung Kantor Kecamatan Kartasura mulai dibongkar dan berada dalam proses penghapusan aset daerah, Kamis (26/5). Pembongkaran ini dalam rangka pembangunan gedung baru. (JIBI/SOLOPOS/Oryza Vilosa)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembongkaran itu dilakukan terhadap gedung yang berada di antara rumah dinas camat dan kantor pelayanan yang berada di sebelah utara. “Ini masih dalam rangka penghapusan aset,” jelas Camat Kartasura, Bachtiar Zunan saat ditemui Espos.

Dia mengatakan pembangunan gedung baru itu memakan biaya Rp 1 miliar dari APBD Sukoharjo. Walaupun demikian, anggaran itu ditafsir baru memenuhi kebutuhan pembangunan untuk gedung lantai I. “Rencananya gedung tingkat 2. Tapi angaran yang ada sementara akan dialokasikan untuk lantai I dulu,” katanya.

Dia mengatakan untuk sementara unit pelayanan akan menggunakan gedung yang masih ada dan pendapa yang berada di sebelah utara kantor kecamatan. Hal itu dilakukan sampai target waktu pembangunan gedung baru selesai, atau direncanakan sampai November mendatang.

Dia memaparkan proses pembangunan itu belum menemukan pihak pelaksana. Namun, dia mengatakan pembangunan pasti dilangsungkan. “DPU sudah tanda tangan, soal pelaksana memang belum ada,” tambahnya.
Mengenai arsitek, lanjut dia, gedung baru itu akan mengadopsi gaya arsitektur yang dimiliki keraton. Pasalnya, dia menganggap Kartasura memiliki nilai historis tentang keberadaan keraton.

ovi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya