SOLOPOS.COM - Rombongan kontingen ASEAN Para Games tiba di Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Surakarta layani keimigrasian saat kedatangan kontingen ASEAN Para Games 2022 melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo selama dua hari yaitu Selasa-Rabu(26-27/2022). Sebagai pelaksana fungsi Keimigrasian di wilayah Soloraya, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta bertanggung jawab melakukan pemeriksaan Keimigrasian bagi penumpang yang datang melalui penerbangan internasional.

“Kami menyiagakan enam orang petugas yang dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian” ujar Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (28/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mereka standby seharian penuh pada Selasa karena tidak hanya pemeriksaan tapi juga rekap data dan pelaporan juga dilakukan pada hari itu juga,” beber Winarko.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta Dilantik Jadi PPIH Solo 2022

Selama kedatangan, sebanyak 1.315 orang atlet dan ofisial kontingen ASEAN Para Games 2022 dari 7 penerbangan internasional telah melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Selasa (26/7/2022).

Pada hari itu, Winarko memaparkan, kedatangan pertama adalah kontingen Myanmar yang mendarat pada pukul 09.00 WIB dan ditutup dengan kontingen Kamboja pada 16.00 WIB, seluruh proses baru berakhir pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Yasonna Apresiasi Inovasi Keimigrasian

Dalam melakukan pemeriksaan Keimigrasian, Winarko mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Surakarta dan Panitia ASEAN Para Games Orginizing Commitee (INASPOC) telah menyepakati bahwa pemindaian, pemeriksaan, dan peneraan cap kedatangan pada paspor dilakukan secara kolektif agar penumpang yang mayoritas adalah kaum difabel tidak perlu mengantre.

Baca Juga: Jaga Kesehatan, Pegawai Kantor Imigrasi Surakarta Gelar Fun Bike

Paspor terlebih dahulu dikumpulkan oleh panitia sebelum penumpang keluar pesawat, setelah dilakukan proses keimigrasian, paspor dikembalikan kepada panitia untuk didistribusikan kepada pemiliknya.

Langkah ini adalah upaya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta untuk menyukseskan langkah Kota Solo menjadi tuan rumah yang baik pada penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini. Para Kontingen ini akan pulang pada tanggal 7 Agustus 2022 setelah kompetisi selesai dan kembali melalui proses pemeriksaan Keimigrasian yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya