Kantor Desa Soka Klaten Mendadak Dijaga Aparat Polisi, Ada Apa?

Puluhan warga Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Klaten berniat menggeruduk kantor desa setempat untuk menanyakan dugaan penyimpangan keuangan desa. Puluhan polisi dikerahkan Polres Klaten untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan.

 Ponco Suseno
Aparat polisi berjaga di depan Kantor Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Selasa (25/5/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Ponco Suseno Aparat polisi berjaga di depan Kantor Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Selasa (25/5/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Tak biasanya, puluhan polisi mendadak berjaga di depan Kantor Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Selasa (25/5/2021) pukul 09.00 WIB. Belakangan diketahui ternyata penjagaan itu dilakukan menyusul adanya informasi puluhan warga ingin menggeruduk ke kantor desa. Mereka ingin menanyakan tindak lanjut penanganan kasus dugaan penyimpangan keuangan desa sekaligus penyalahgunaan wewenang oleh salah seorang perangkat desa (perdes) setempat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah polisi itu merupakan gabungan dari Polres Klaten dan beberapa polsek. Semula, aparat polisi tersebut ingin menjaga situasi Kamtibmas di depan Kantor Desa Soka, Selasa (25/5/2021) pukul 09.00 WIB. Saat itu, sebanyak 50 orang dikabarkan akan mendatangi kantor desa guna menanyakan tindak lanjut penanganan kasus dugaan penyimpangan keuangan desa sekaligus penyalahgunaan wewenang oleh bendahara desa setempat, AS.

Setelah dilakukan pendekatan persuasif, aksi puluhan warga bisa dicegah. Aksi berkerumun di satu lokasi mendesak dihindari karena masih berlangsung pandemi Covid-19. Setelah diberitahu, warga pun memahami hal itu. Alhasil, warga yang datang ke Kantor Desa Soka hanya dua orang, yakni Slamet Darsono dan Atok Supriyadi.

Dalam pertemuan singkat dengan pamong desa yang disaksikan pula Camat Karangdowo, Tomisila Adhitama dan polisi, warga diberi pengertian bahwa kasus dugaan penyimpangan keuangan desa sekaligus penyalahgunaan wewenang telah ditangani pihak berwajib. Setelah memperoleh penjelasan tersebut, dua perwakilan warga itu pulang ke rumah mereka.

"Warga yang dikomandoi Pak Slamet Darsono ini ingin minta kejelasan soal kasus di Soka, yaitu soal dugaan penyimpangan keuangan dan penyalahgunaan wewenang. Tadi sudah dijelaskan hal itu sudah diproses di polisi," kata Camat Karangdowo, Tomisila, saat ditemui Solopos.com, di Kantor Desa Soka.

Hal senada dijelaskan Kades Soka, Sri Mawarni. Kasus penyimpangan keuangan desa terjadi di tahun 2019. Sejauh ini, hal tersebut sudah ditangani pihak polisi.

Salah seorang warga RT 001/RW 001 Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Slamet Darsono, mengaku sudah menanyakan tindak lanjut kasus dugaan penyimpangan keuangan dan penyalahgunaan wewenang oleh bendahara desa.

"Awalnya memang akan ada 50 orang. Tapi, tadi diminta perwakilan. Yang datang saya dan Pak Atok Supriyadi. Tadi pertemuan berjalan singkat. Setelah saya memperoleh penjelasan, acara langsung selesai. Dalam kasus dugaan penyimpangan keuangan itu, uang yang diselewengkan itu banyak [oleh bendahara banyak]," katanya.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

Dapat Donasi Rp32 Juta, Sekeluarga yang Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Bakal Ngontrak

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, bakal dicarikan kontrakan setelah mendapat bantuan senmilai Rp32.650.000.

Wonogiri Kembali Masuk Zona Kuning Covid-19, Bupati Jekek: Ini Luar Biasa

Selama pandemi berlangsung, Wonogiri pernah masuk dalam zona hijau, kuning, oranye, dan merah.

Kronologi Penemuan Kerangka Manusia dan Tengkorak di Sambungmacan Sragen

Temuan kerangka manusia itu memiliki ciri-ciri yang sama dengan Eko yang memiliki tinggi 168 dan berat badan 70 kg.

Bupati Pastikan Pelajar SMP Wonogiri Mulai Divaksin Covid-19 Pekan Depan

Jumlah pelajar SMP di Wonogiri, baik negeri maupun swasta, yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berjumlah sekitar 80.000 lebih.

Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Warga Sragen Ternyata Sudah Hilang 2 Bulan

Kerangka manusia itu ditemukan secara tidak sengaja oleh warga pada Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Donasi untuk Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Terkumpul Rp32,6 Juta Sehari

Melalui kisah yang dibagikan kali pertama oleh Yayasan Kita Peduli di media sosial dan menjadi viral ini terhimpun donasi senilai Rp32.650.000.

Warga Sragen Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Tengkoraknya Hanyut 200 Meter

Selokan tak jauh dari lapangan voli di tanah kas desa itu sebelumnya memang jarang dijamah warga.

Objek Wisata di Karanganyar Masih Tutup, Pemkab Turunkan Lagi Target PAD

Target PAD wisata Karanganyar tahun ini relatif jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar per tahun.

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.