SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Instagram/@gibran_rakabuming)

Solopos.com, SOLO- Piala Wali Kota Solo akhirnya mengantongi izin dari kepolisian. Turnamen sepak bola pemanasan jelang Liga 1 2021 menurut rencana digelar mulai 20 Juni mendatang di Stadion Manahan.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan bahwa turnamen tersebut sudah mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian. Ada delapan tim dari Liga 1 dan Liga 2 yang akan ikut dalam turnamen tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Piala Wali Kota akan digelar 20-26 Juni 2021. Izin keamanan sudah turun juga," terang Gibran saat ditemui di Solo Techno Park (STP), Selasa (8/6/2021).

Begini Strategi Park Hang-seo Hancurkan Timnas Indonesia

Delapan tim yang turut serta dalam Piala Wali Kota adalah Persis Solo, Rans Cilegon, PSG Pati, Dewa United, Bali United, Arema Malang, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC. Untuk tim sudah pasti dan dari awal sudah menyatakan kesediaan ikut Piala Wali Kota.

"Dari awal sudah bersedia dan timnya sudah fiks itu. Untuk Bali United akan dipastikan lagi, kemarin pas ditanya ikut, tabrakan dengan Piala AFC atau tidak dan katanya tidak, ini mau dipastikan lagi," ujar dia.

Diakuinya, sempat ada yang bertanya-tanya kenapa tim ini tidak diajak. Menurutnya, ini bukan masalah tidak diajak atau diajak, karena ada beberapa tim termasuk tapi tim besar mau fokus latihan buat persiapan Liga 1.

Indonesia 0-4 Vietnam: Shin Tae-yong Salahkan Wasit

 

Sistem Gugur

Lebih lanjut, Gibran memastikan pembiayaan turnamen Piala Wali Kota Solo bukan dari APBD. Gibran menegaskan biaya murni datang dari para sponsor.

"Semua pembiayaan dari sponsor termasuk untuk juaranya nanti. Yang jelas ditunggu saja, event ini untuk mengangkat wisata di Solo," tandas dia.

Gibran memastikan Piala Wali kota akan digelar tanpa penonton dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk protokol kesehatan seperti pada gelaran Piala Menpora kemarin.

Akhiri Uji Coba, Jerman Berpesta Gol 7-1 Lawan Latvia

Turnamen Piala Wali Kota Solo akan menggunakan sistem knock out atau sistem gugur. Ini biar cepat selesai karena satu pekan sebelum Liga 1 bergulir sudah selesai.

"Sistemnya pakai knock out. Ini waktunya tidak mepet dengan kompetisi Liga 1, karena ada tim yang menyatakan akan ikut asalkan seminggu sebelum Liga 1 sudah selesai," tandas Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya