Perlintasan KA Purwosari Solo. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah mengantongi izin untuk memindahkan utilitas milik PT Telkom, PLN, maupun PDAM di kawasan perlintasan sebidang Purwosari.

Pemindahan utilitas itu mesti dilakukan sebelum dibangun overpass/flyover Purwosari pada tahun depan. Di sisi lain, Pemkot Solo akan memulai pembangunan underpass di Jl. Transito sebagai pendamping overpass pada Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Endah Sitaresmi, mengatakan pada Agustus itu pula lelang pemindahan pipa PDAM di sekitar simpang empat Purwosari dimulai.

“Izin pembangunan underpass [Jl. Transito] sudah turun, sedangkan untuk overpass [Purwosari] belum turun. Tapi, izin pemindahan utilitas dari PT KAI [Kereta Api Indonesia] sudah turun. Kedalaman pengerukan nanti sesuai ketentuan dari PT KAI,” jelasnya, Minggu (14/7/2019).

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan desain overpass Purwosari berbentuk huruf I. Sebelumnya terdapat dua desain yang diwacanakan yakni berbentuk huruf I dan Y. Panjang lintas atas tersebut sekitar 750 meter dengan lebar sembilan meter.

“Desain penataan akan kami tampilkan di videotron di seluruh titik. Penataan Jl. Slamet Riyadi, Jl. Jenderal Sudirman, dan Jl. Ir. Sutami, serta pembangunan underpass Transito, dan overpass Purwosari,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (21/7/2019).

Rudy, sapaan akrabnya, mengatakan desain huruf I dipilih atas pertimbangan beberapa aspek nonteknis. Salah satunya, apabila overpass dibangun berbentuk Y ada banyak lahan di Jl. Agus Salim yang bakal terdampak.

Butuh pembebasan lahan di sepanjang jalan yang berimbas pada besarnya ongkos nonteknis. Selain lain, jika menggunakan desain huruf Y saat pembangunan overpass berlangsung akan berimbas pada sejumlah ruas jalan yakni Jl. Ahmad Yani, Jl. Slamet Riyadi, Jl. Hasanudin, Jl. Agus Salim, Jl. Transito, Jl. dr. Radjiman, Jl. Samanhudi, dan Jl. Perintis Kemerdekaan.

“Syukur-syukur akhir 2019 sudah mulai pasang tiang pancang untuk flyover Purwosari. Di bawah flyover Purwosari ditutup tidak bisa dilalui, karena pengguna kendaraan roda dua dan nonmotor bisa lewat di underpass Jl. Transito. ” kata dia.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten