Angela Merkel menemui Presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky (Reuters-Hannibal Hanschke)

Solopos.com, BERLIN – Kanselir Jerman Angela Merkel terlihat gemetar saat menyambut Presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky di bawah terik matahari, Selasa (18/6/2019) di Berlin, Jerman. Angela mengatakan dirinya mengalami dehidrasi karena cuaca yang sangat panas.

Suhu di Berlin saat itu mencapai 28 derajat celcius ketika orkes militer memainkan lagu kebangsaan dari kedua negara.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Rabu (19/6/2019), Angela Merkel yang berdiri di samping Presiden Ukraina ketika penyambutan terlihat gemetar dan sesekali menggigit bibirnya untuk menahan kondisinya saat itu.

Setelah lagu kebangsaan selesai dimainkan, Angela terlihat lebih tegap dan mampu berjalan dengan normal bersama Presiden Volodymyr. Angela juga sempat memberi salam kepada orkes militer yang baru memainkan lagu kebangsaan sebelum melanjutkan berjalan menuju gedung bersama Presiden Ukraina.

Diwawancarai 90 menit setelah penyambutan tersebut, Angela mengatakan, "Setelah itu saya minum tiga gelas air, sekarang saya sudah merasa baikan".

Angela yang akan berumur 65 tahun pada bulan depan hanya tersenyum ketika wartawan menanyakan apakah kondisinya saat ini perlu dikhawatirkan.

Hal ini bukan kali pertama terjadi, Angela Merkel juga sempat mengalami gemetar ketika diwawancarai dalam sebuah acara televisi pada 2014. Acara sempat tertunda beberapa menit karena kondisi tersebut. Juru bicara Angela mengatakan kondisi Angela segera pulih setelah dia makan dan minum.

Kondisi kesehatan Angela Merkel memang tidak diketahui secara pasti oleh publik. Hukum privasi di Jerman memang sangat ketat sehingga sulit untuk mencari kepastian mengenai penyakit yang diderita oleh Angela Merkel saat ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten