Tutup Iklan
Ilustrasi kanker (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SOLO – Artis Ria Irawan kembali dirawat di rumah sakit akibat kanker getah bening yang kembali aktif menyerang tubuhnya. Padahal, sebelumnya dia sempat dikabarkan sembuh dari ">penyakit ganas tersebut.

Sel kankernya kembali aktif bahkan masuk tahap metafisis (menyebar). Kini, Ria Irawan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangun Kusumo (RSCM), Jakarta Pusat, karena sel kankernya menyebar hingga ke paru-paru dan ">otak.

Nah, bagaimana bisa kanker yang dinyatakan sembuh bisa muncul lagi? ">Tahukah Anda mengapa hal itu terjadi? Ahli kanker dari RSCM, Profesor Soehartati, mengatakan kanker tidak pernah benar-benar sembuh. Yang dimaksud sembuh adalah kondisi kanker terkontrol lewat serangkaian terapi.

Pada suatu saat, sel kanker tersebut bisa muncul lagi jika ada pemicu yang membuatnya kembali aktif. Pemicunya bisa karena pola hidup atau bahkan pengaruh lingkungan. “Hingga saat ini agak sulit mengatakan sembuh,” terang Profesor Soehartati seperti dikutip dari Detik, Minggu (8/9/2019).

Istilah sembuh yang dipahami orang awam bisa juga dimaksudkan ketika sel ">kanker sudah tidak terdeteksi lagi. Namun, apakah berarti sel kanker hilang dari tubuh? Belum tentu, karena kemampuan dokter mendeteksi sel kanker yang tersembunyi terbatas. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan penyintas kanker jika memasuki fase remisi?

Dikutip dari Mayo Clinic, penyintas ">kanker harus sangat memperhatikan kondisi tubuhnya. Anda disarankan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga berat badan, mencukupkan waktu istirahat, mengurangi stres, serta menghindari rokok dan alkohol.

The American Cancer Society menyarankan penyintas ">kanker berolahraga minimal 150 menit sepekan termasuk latihan kekuatan sekitar dua hari dalam sepekan. Membiasakan olahraga membuat tubuh lebih sehat.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten