SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di gelaran car free sunday (CFS) di Jl. Pemuda II kawasan kota Wonogiri. Foto sebelum pandemi Covid-19. (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberikan sinyal kuat bakal mengaktifkan kembali car free sunday (CFS) yang biasa digelar di Jl. Insinyur Soekarno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah setiap Minggu.

Namun demikian ia masih membutuhkan waktu untuk berkoordinasi terkait pembukaan CFS di Wonogiri. Hal itu dikatakannya saat berbincang dengan wartawan pada Rabu (25/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, pembukaan CFS atau di daerah lain dikenal dengan car free day (CFD) perlu berkomunikasi dengan sejumlah pihak, salah satunya Polres Wonogiri.

“Habis ini akan kami buka. Waktunya kapan, kami minta waktu. Prinsipnya, seluruh kebijakan harus mengintegrasikan sinergisitas. Enggak bisa CFD dibuka tanpa koordinasi dengan Kapolres,” terang Bupati yang akrab disapa Jekek.

Sinyal kuat CFS dibuka kembali, kata dia, diukur dari masa inkubasi pascalebaran atau Idulfitri yang sudah melewati 14 hari.

Baca Juga : Car Free Sunday Wonogiri Tak Kunjung Dibuka, Ini Harapan Pedagang

Dari masa itu, ia mengklaim tak ada peningkatan kasus Covid-19 yang mengkhawatirkan. Meski begitu, hingga kini status PPKM di Kabupaten Wonogiri masih berada di level dua.

Belum lama ini Solopos.com menemui pedagang yang biasa berdagang saat CFS. Perempuan yang mengaku bernama Siti Fatimah ini pedagang sosis bakar dan pakaian saat CFS. Ia biasa menggelar lapak di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri.

Ia berharap CFS dapat dibuka kembali. “Berpotensi mengembalikan ekonomi normal, seperti saat sebelum pandemi Covid-19 terjadi [saat CFS kembali dibuka],” kata Siti, Kamis (12/5/2022).

Sejak CFS ditutup tiga tahun terakhir, katanya, hal itu membuat perekonomian keluarganya terguncang. Tak hanya harus bertahan hidup dengan tabungan yang tersisa, penutupan CFS membuat ia harus berpindah berjualan di Pasar Kota Wonogiri.

Baca Juga : Car Free Sunday Wonogiri Belum Dibuka Hingga Kini, Kenapa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya