Kandang dan Rumah di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Jadi Korban

Kebakaran kandang dan rumah itu disebabkan pemilik rumah membuat diang untuk mengusir nyamuk.

 Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Sragen menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api pada bagian rumah yang terbakar di Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, Minggu (7/8/2022) malam. (Istimewa/Satpol PP Sragen)

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Sragen menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api pada bagian rumah yang terbakar di Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, Minggu (7/8/2022) malam. (Istimewa/Satpol PP Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Sebagian rumah warga dan kandang sapi milik Ahmad Kusni Satimin, 73, di Dukuh Dayan RT 007/RW 003, Desa Gading, Tanon, Sragen, dilalap api pada Minggu (7/8/2022) malam.

Seekor sapi milik korban terpaksa disembelih karena mengalami luka bakar yang serius akibat kebakaran kandang itu. Kerugian diperkirakan mencapai Rp37 juta.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Kasi Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen, Anton Sujarwo, kepada Solopos.com, Senin (8/7/2022), mengungkapkan peristiwa nahas itu berawal saat pukul 18.30 WIB, pemilik rumah membuat diang atau api kecil pengusir nyamuk di dekat kandang.

Kemudian diang itu, kata dia, ditinggal korban ke masjid untuk menjalankan ibadah salat. Dia mengatakan tahu-tahu api menjalar ke tumpukan jerami.

“Warga yang melihat api membesar langsung berteriak meminta tolong dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Tiupan angin yang cukup kencang membuat api cepat merembet ke bangunan rumah, terutama bagian dapur. Atas kejadian itu seorang ibu menghubungi Markas Komando Damkar untuk meminta bantuan pemadam,” jelas Anton.

Baca Juga: Rumah dan Kandang Ternak Warga Desa Pilangsari Sragen Kebakaran

Dia menjelaskan objek yang terbakar berupa kandang sapi dan tumpukan jerami serta separuh bangunan rumah. Dia menduga sumber api berasal dari diang pengusir nyamuk.

Dia mengatakan sebagian dapur rumah hangus dan roboh. Kandang sapi, kata dia, rusak berat dan satu ekor sapi mengalami luka bakar serius kemudian disembelih oleh pemiliknya.

“Kami menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Unit Damkar Kota Sragen dan Pos Gemolong. Dalam proses pemadaman api, Unit Damkar Satpol PP dibantu TNI, Polri, BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah], PMI, Sukarelawan Wong Salam, Sukarelawan Exalos, Sukarelawan Gemolong, Bagana, KWS, Banser Tanon, PLN, Puksesmas Tanon 2, perangkat Desa Gading, dan warga sekitar.

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kapolsek Tanon AKP Primadana Bayu Kuncoro menerangkan Polsek Tanon juga mendapatkan laporan dari warga tentang kebakaran tersebut.

Baca Juga: Kebakaran di Kebakkramat Diduga Karena Bakaran Sampah di Dekatnya

Dia menjelaskan tim piket langsung ke lokasi kejadian untuk membantu proses pemadaman. Dia menduga kebakaran di Sragen terjadi karena api diang ditinggal salat dalam keadaan masih menyala.

“Ukuran kandang sapi yang terbakar itu 4 meter x 6 meter. Kemudian sebagian bangunan rumah yang terbakar berukuran 7 meter x 10 meter yang terbuat dari papan kayu dan bambu. Api dapat dipadamkan pada pukul 19.30 WIB dengan bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian seekor sapi Rp17 juta dan sebagian bangunan rumah senilai Rp20 juta sehingga total kerugian Rp37 juta,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Polisi Boyolali Tetap Menilang di Tepi Jalan jika Melihat Pelanggaran Langsung

      Polres Boyolali menggunakan ETLE dalam Operasi Zebra 2022, namun tidak menutup kemungkinan tetap melakukan penilangan di tepi jalan jika ada pengendara yang melanggar peraturan secara langsung.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Karanganyar Hari Ini (7/10/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Karanganyar, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 7 Oktober 2022.

      Agenda Solo Hari Ini: Salat Gaib di Masjid Agung hingga Festival Awul-Awul

      Agenda Kota Solo hari ini, Jumat (7//10/2022), akan ada Salat Gaib di Masjid Agung, festival thrifting atau awul-awul, hingga wayang orang di Sriwedari.

      Berubah-Ubah, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Cerah Berawan lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Jumat (7/10/2022) diprediksi berawan sejak pagi kemudian hujan dengan intensitas sedang.

      Bawa Payung Ya! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Mulai Hujan sejak Pagi

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (7/10/2022), diprediksi dimulai dengan berawan kemudian hujan saat siang dan sore hari.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 7 Oktober 2022, Cerah Berawan Lalu Hujan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (7/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 7 Oktober 2022, Hujan Mulai Pukul 4 Sore

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (7/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Gerimis Siang dan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 7 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Solo Siap-Siap Hujan Lagi Sore Ini, Simak Prakiraan Cuaca BMKG Jumat 7 Oktober

      Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG akan hujan lagi pada sore hingga malam hari Jumat (7/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Gerimis Siang-Berawan Tebal Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 7 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Tak Main-Main, FPDIP Upayakan Rp80 Miliar dari APBD Solo untuk Masjid Sriwedari

      Fraksi PDIP DPRD Solo tidak main-main dalam mengupayakan anggaran untuk penyelesaian pembangunan Masjid Sriwedari yang sudah dua tahun mangkrak.

      Diresmikan 17 November, Utusan Presiden UEA Cek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

      Utusan dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dalam waktu dekat akan datang mengecek progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, sebelum diresmikan 17 November nanti.

      Lengkap dan Nyaman, Ini Daftar Hotel di Dekat Stasiun Gawok Sukoharjo

      Rincian hotel yang berada di dekat Stasiun Gawok, Sukoharjo.

      Omzet Anjlok, Pemilik Toko Dekat Jembatan Mojo Solo Ingin Proyek Cepat Kelar

      Kalangan pemilik toko di Jl Kyai Mojo mengeluhkan omzet turun drastis sejak Jembatan Mojo, Solo, ditutup untuk perbaikan, Senin (26/9/2022) lalu.

      Upaya Diversifikasi Pangan, DPRD Boyolali Dukung Selodoko Jadi Sentra Alpukat

      DPRD Boyolali mengapresiasi program diversifikasi pangan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, lewat penanaman alpukat kalibening.

      8 Tujuan Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat oleh BUMDes Bersama di Wonogiri

      Kabupaten Wonogiri memiliki 23 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama hingga sekarang.