Kampus UNS Solo Janji Beri Keringanan & Kelonggaran Waktu Bayar UKT, Mahasiswa Jangan Khawatir

Pihak kampus UNS Solo berjanji memberikan keringanan dan kelonggaran waktu pembayaran UKT bagi mahasiswa.

 Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. 

(Solopos.com Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. (Solopos.com Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mengajukan permohonan keringanan kepada pihak kampus untuk memperpanjang masa pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Permintaan tersebut terungkap dalam audiensi virtual antara mahasiswa dengan pengelola kampus, Sabtu (31/7/2021). Audiensi diikuti mahasiswa dan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dari pengelola dihadiri Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad Yunus, serta jajaran dekanat masing-masing fakultas dan unsur terkait.

Baca juga: Fadli Zon Komentari Baliho Puan Maharani: Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik & Benar

Mahasiswa menyebutkan bahwa proses pengajuan keringanan UKT mahasiswa belum tuntas meskipun sudah mendekati tenggat waktu pembayaran, yakni 7 Agustus 2021.

“Ada banyak mahasiswa yang keluarganya terdampak pandemi Covid-19. Mereka ini mengajukan keringanan biaya UKT, tetapi sampai sekarang ada yang belum beres karena banyak kendala di masa pandemi. Bahkan yang sudah diajukan ke kampus pun belum di-approve [disetujui] oleh pihak kampus. Oleh sebab itu, kami meminta tenggat waktu pembayaran UKT bagi mereka tanggal 7 Agustus 2021 ini diperpanjang,” ujar Ketua BEM UNS, Zakky Musthofa Zuhad kepada Solopos.com, seusai audiensi.

Baca juga: Kisah Misteri Eyang Watu, “Penunggu” Pasar Kota Sragen yang Keramat!

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Wakil Rektor Ahmad Yunus memastikan bahwa permintaan itu diterima. Menurutnya, mahasiswa UNS Solo yang mengajukan keringanan UKT ini akan diberi kelonggaran waktu pembayaran hingga semua persyaratan mereka terpenuhi.

“Khusus bagi pemohon keringanan UKT, kami sangat memahami situasi saat ini sehingga tidak harus tanggal 7 Agustus 2021. Selesaikan dulu saja semua persyaratannya,” ujar Yunus saat ditemui di kampus UNS Solo, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo, Sukarelawan Sukoharjo Pastikan Gratis

Sementara itu, kasus Covid-19 yang menimpa masyarakat juga menimpa para dosen UNS Solo, termasuk para tenaga kependidikan (tendik) yang mengurusi pelayanan mahasiswa. Sehingga proses persetujuan permohonan sebagian mahasiswa masih ada yang tertunda.

“Banyak di antara anggota staf pelayanan kami yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Meskipun semua bisa dilakukan online dari rumah, tetapi untuk verifikasi harus dilakukan secara manual, padahal mereka sedang memulihkan diri. Sehingga pelayanan menjadi terganggu,” imbuhnya.

Sementara itu, audiensi juga membahas topik lainnya yakni kebijakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan bantuan kuliah dalam masa pandemi Covid-19.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.