SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/BISNIS/Dok)

Kampus Jogja akan menjalin kerja sama internasional.

Harianjogja.com, JOGJA – Universitas Janabadra (UJB) menyatakan ketertarikan menggalang kerja sama dengan negara Polandia. Sebuah langkah awal dilakukan pihak universitas dengan mendatangkan perwakilan dari Polandia, Rabu (2/11/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perwakilan UJB didatangkan ke kampus UJB agar keduanya bisa sama-sama mengenal lebih dekat.

“Kebetulan duta besar Polandia sedang melakukan kunjungan ke Jogja. Jadi sekalian kita persilakan datang ke kampus UJB ini agar bisa mengetahui berbagai karakteristik di universitas kami. Intinya hari ini kami saling kenalan dulu,” ujar Dosen Fakultas Hukum UJB Ishviati J. Koenti yang sekaligus memelopori pertemuan tersebut, Rabu pagi.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah pertemuan itu diharapkan ke depannya akan terjalin kerjasama yang erat antara keduanya. Kerjasama yang difokuskan jelas tidak jauh dari lingkup pendidikan dan kebudayaan.

“Kalau kerjasama antarpemerintah Indonesia dan Polandia kan mencakup tiga aspek, yakni investasi, kebudayaan dan pendidikan. Nah, kami ambil dari sisi pendidikannya,” tandasnya.

Isvhiati menilai kerjasama dengan negara Eropa Timur itu sangat penting dilakukan. Dia melihat, antara Indonesia dengan Polandia hampir memiliki kesamaan persepsi dalam pengembangan kebudayaan.

Lebih lanjut dia menambahkan, pertemua awal juga belum menentukan agenda untuk menguatkan lewat Memorandum of Understanding. Kendati begitu, dia menekankan, kerjasama antara UJB dengan kedutaan besar Polandia besar kemungkinan akan tercapai.

Bentuk kerjasamanya ke depan menurut dia, bisa dalam bentuk riset atau penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa dan aspek yang mencakup bidang pendidikan lainnya.

“Bisa juga kita mengundang pakar dari Polandia untuk menjadi dosen tamu di sini. Saya rasa itu juga menjadi cara luar biasa untuk memotivasi mahasiswa,” imbuhnya.

Kerjasama internasional juga bukan menjadi hal baru di UJB. Sebelumnya pihak kampus juga pernah menggalang ikatan kerjasama dengan universitas di Hongaria. Beberapa waktu lalu, kampus tersebut juga bekerjasama dengan badan khusus PBB yang menangani masalah pengungsi atau UNHCR.

Sementara perwakilan dari Polandia Maciej Dusxynki dalam kesempatan itu memaparkan beragam keunggulan negerinya dalam bidang pendidikan.

Maciej mengungkapkan, dalam dunia pendidikan Polandia terkenal mampu membangun kota pendidikan sebagai sebuah karya ekosistem budaya.

“Krakow adalah kota budaya dunia dengan kekayaan budaya yang luar biasa. Mirip dengan Jogja. Krakow menjadi ekosistem budaya-pendidikan yang menjadi rujukan Eropa dan dunia,” paparnya mengagungkan negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya