SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Kampus Jogja UMY akan melakukan pemilihan Rektor baru.

Harianjogja.com, BANTUL-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sedianya melakukan penjaringan rektor, untuk menggantikan Prof.Bambang Cipto, rektor UMY yang habis masa tugasnya pada Desember 2016 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UMY Periode 2016 – 2020, Trisno Raharjo pada Jumat (12/8/2016) mengatakan pemilihan Calon Rektor Universitas akan dilaksanakan sesuai tahapan-tahapan yang telah ditetapkan.

“Senat Universitas membentuk Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor yang bertugas untuk menjaring aspirasi tentang Bakal Calon Rektor dari berbagai sumber yaitu Dosen, Karyawan dan Lembaga Mahasiswa Tingkat Universitas/Fakultas/Prodi yang kemudian hasilnya akan dilaporkan kepada Senat Universitas,” kata dia, Jumat (12/8/2016)

Trisno juga menyampaikan untuk melakukan penjaringan Bakal Calon Rektor tersebut, Senat Univeritas telah menetapkan beberapa syarat yang harus dimiliki oleh Bakal Calon Rektor. Syarat-syarat tersebut antara lain dosen tetap UMY, berpendidikan Strata 3 (S3) dan memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya Lektor Kepala.

Syarat lainnya, memiliki pengalaman sebagai Pejabat Struktural di lingkungan UMY minimal 4empat tahun dan masa kerja minimal 10 tahun, tidak pernah dijatuhi sanksi pidana dan atau sanksi administratif di lingkungan UMY, tidak sedang menjalani hukuman pidana dan administratif. Bakal calon juga merupakan orang yang taat beribadah dan mengamalkan ajaran Islam, sehat jasmani dan rohani dan berusia setinggi-tingginya 65 tahun.

Secara terpisah, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof.Yunahar Ilyas mengatakan, Majelis Pendidikan Tinggi Litbang PP Muhammadiyah akan membawa tiga orang bakal calon ke PP Muhammadiyah, untuk dipilih satu orang oleh PP Muhammadiyah. Pihaknya berharap pemimpin UMY nantinya merupakan orang yang paham Muhammadiyah, mampu memajukan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yunahar menyatakan, tidak ada target khusus yang ditentukan oleh PP kepada rektor UMY yang baru.

“Tidak ada [target khusus],” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya