SOLOPOS.COM - UPN Veteran Yogyakarta (IST UPN Veteran)

Kampus Jogja UPN Veteran Jogja memiliki kebijakan khusus untuk dosen.

Harianjogja.com, SLEMAN –  Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja menggelar pelatihan bela negara bagi ratusan dosen dengan diasramakan dan dididik langsung oleh instruktur dari kalangan TNI di AAU, Jumat (11/8/2017) hingga Sabtu (12/8/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : KAMPUS JOGJA : Ratusan Dosen UPN Diasramakan, Ini Tujuannya

Ekspedisi Mudik 2024

Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Ekonomi Prof Bondan Tiara Sofyan menambahkan pelatihan bela negara bagi para dosen, dalam rangka menghadapi ancaman nyata bukan hanya soal radikalisme, tetapi juga bahaya narkoba. Apalagi, dosen menghadapi mahasiswa dengan usia antara 18 hingga 22 tahun yang merupakan usia rawan untuk diinfiltrasi berbagai paham. Karena itu, pelatihan bela negara bagi dosen dinilai sangat diperlukan.

“Selain keilmuan, dosen di kampus juga harus mengingatkan tentang wawasan kebangsaan ini. Kalau ada informasi tidak benar jangan diteruskan,” ujarnya,

Ia tak menampik  jika pelatihan bela negara itu sebagai salahsatu respon banyaknya dosen dari universitas di Indonesia yang terpapar organisasi HTI.

“Itu antara lain, supaya kita waspada, tahu bahwa negeri ini ada ancamannya, tidak tinggal diam, harus aktif,” ucap dia.

Wakil Gubernur AAU Marsma Fachry Adami mengatakan, pihaknya mengerahkan sebagian besar instruktur dan dosen di AAU untuk memberikan pelatihan bela negara. Materi yang diberikan antara lain penyegaran kepada dosen untuk mengingat kembali nilai pancasila dan UU 1945 untuk diimplementasikan di kehidupan sosial. Serta diberikan materi arti disiplin bagi masyarakat yang harus dimaknai sebagai hal yang penting. Selain itu, diberikan dorongan bahwa konteks bela negara bukan berarti hanya latihan militer. Karena bela negara bisa dilakukan sesuai kemampuannya, seperti para dosen melakukan fungsi bela negara melalui keilmuannya.

“Tetapi harus memiliki pengetahuan seperti apa yang dilakukan ketika ada tuntutan membela negara secara fisik nah ini dikenalkan kepada mereka. Kita ingin dari pemahaman sehingga sebagai tenaga pengajar langsung,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya