SOLOPOS.COM - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Kampus Jogja, UAJY menggelar CFRC

Harianjogja.com, JOGJA — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk kali ketiga mengadakan Call For Research Competition (CFRC) 2017. Lomba penelitian ini berskala nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Humas CFRC 2017, Intan Rachma Aulita mengatakan dalam tahap final, ada sembilan peserta yang terjaring dalam kompetisi ini.

“Dari Yogyakarta, ada Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dari Jakarta ada Universitas Bunda Mulia dan dari Surabaya ada Universitas Muhammadiyah Surabaya. Kesembilan finalis tersebut tengah mengikuti rangakaian acara dan akan menghadiri acara puncak yaitu seminar Call For Research Competition (CFRC) pada 16 September 2017 di Auditorium kampus IV, Gedung Teresa, UAJY,” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima, Senin (11/9/2017).

Mengusung tema “Pemuda Indonesia Majukan Demokrasi Digital”, CFRC mengajak peneliti mengamati bagaimana pemuda-pemudi memanfaatkan media sebagai sarana berdemokrasi.

“Pemuda sebagai garda depan diharapkan dapat menjadi pelopor demokrasi dalam media digital, dengan memanfaatkan media sebijak mungkin.” Ajeng, panitia CFRC 2017.

Pemuda Indonesia diharapkan mengembangkan teknologi yang ada saat ini untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan teknologi. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemuda-pemudi adalah dengan membuat start-up dan wadah untuk pemuda-pemudi supaya dapat berpartisipasi dalam demokrasi melalui media.

Rangkaian acara dalam CFRC tahun ini akan menghadirkan tiga pembicara yang merupakan ahli dalam bidang-bidang yang akan disampaikan saat seminar. Ketiga pembicara  tersebut adalah Mas Koko (Pelopor Kampung Cyber), pelopor serta penggerak masyarakat untuk bias “melek” tentang media. Gabriel Sujayanto (Tenaga ahli madya, Kedeputian IV, Kantor Staff Presiden, mengelola dan menulis web presidenri.go.id), merupakan pembicara yang akan membagi pandangannya mengenai sosial-politik dan budaya dalam kebhinekaan. Gabriel akan menuturkan kecenderungan yang muncul dalam penggunaan media digital. Dan yang terkahir adalah Dhyah Ayu Retno Widyastuti (Dosen Pemasaran FISIP UAJY), dalam seminar ini akan memberikan informasi seputar perkembangan ekonomi kreatif, serta menyinggung seputar perkembangan e-commerce. Hal ini berkaitan dengan start-up dan kesiapan Indonesia dengan sistem e-commerce yang sudah mulai menunjukkan eksistensinya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya