Tutup Iklan

KAMPUS DI SOLO : UMS Buka Prodi Magister Dikdas dan PPG Bersubsidi

KAMPUS DI SOLO : UMS Buka Prodi Magister Dikdas dan PPG Bersubsidi

SOLOPOS.COM - Kampus UMS Pabelan (muhammadiyah.or.id)

UMS buka program studi baru.

Solopos.com, SUKOHARJO — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan Dasar (Dikdas) serta Program Profesi Guru (PPG) Bersubsidi di Gedung Siti Walidah UMS, Sabtu (14/10/2017).

Peluncuran dua program baru itu dihadiri Ketua Badan Pelaksana Harian UMS, Dahlan Rais, didampingi Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS, Harun Joko Prayitno, dan Direktur Pascasarjana UMS, Bambang Sumardjoko. Turut hadir dalam peluncuran itu, jajaran pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) kota/kabupaten se-Soloraya.

Harun menjelaskan FKIP UMS merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (LPTK PTM) dari delapan PTM yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan PPG Bersubsidi. Prodi itu memberikan tambahan kompetensi bagi calon guru dalam mengajar. Perbedaan PPG di UMS dengan perguruan tinggi lainnya terletak pada perencanaan konsep asrama dan terintegrasi.

“Kami juga akan menerapkan pembelajaran bagi mahasiswa, di antaranya praktik di lapangan dengan persentase yang lebih besar dibandingkan penyampaian teori. Harapannya lulusan yang dihasilkan benar-benar dapat menjadi guru yang menyenangkan bagi siswanya, bisa mengajar dengan suasana yang menyenangkan, serta menggembirakan bagi anak-anak didiknya,” kata Harun, Sabtu.

Sementara itu, Prodi Magister Dikdas UMS diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama. Dahlan Rais yang juga Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhmmadiyah dalam kesempatan itu meminta agar kehadiran kedua prodi baru di UMS menjadi harapan utama Muhammadiyah dalam memajukan bangsa. “Ke depan harus terus meningkatkan kualitas dan kerja sama dengan perguruan tinggi Muhammadiyah maupun pihak lain,” ungkap dia.

Dahlan menambahkan Muhammadiyah lahir untuk mencerdaskan bangsa yang dimulai dari jalur pendidikan. Saat itu pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan, memadukan pendidikan umum dengan agama.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).

Solusi Atasi Sampah, PLN Beli Listrik dari PLTSa Terbesar Se-Jateng di Solo

PT PLN membeli energi hijau yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Solo yang terakumulasi di TPA Putri Cempo,