SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Tutut Indrawati/JIBI/SOLOPOS)

Perguruan tinggi swasta di Solo akan menaikkan uang SPP mahasiswa baru mulai tahun akademik 2018/2019.

Solopos.com, SOLO — Perguruan tinggi swasta (PTS) di Solo akan menaikkan uang sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) untuk mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Sugiaryo, mengatakan kenaikan uang SPP itu untuk pengembangan kampus agar lebih berkualitas. “Pada Tahun Akademik 2018/2019 ada kenaikan SPP sebesar 10 persen,” kata dia dihubungi Solopos.com di Solo, Jumat (22/12/2017).

Uang SPP mahasiswa Unisri sebelumnya Rp75.000 per satuan kredit semester (SKS) untuk kelas pagi dan Rp80.000 per SKS untuk kelas malam. Sedangkan untuk biaya sumbangan pengembangan kampus (SPK) tidak mengalami kenaikan.

Kenaikan SPP ini, menurut dia, tidak akan memberatkan calon mahasiswa baru karena tidak terlalu besar sehingga masih terjangkau. Lebih lanjut, Sugiaryo mengatakan kenaikan SPP tersebut nantinya digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dosen serta peningkatan sarana dan prasana penunjang kuliah.

“PTS itu bisa berkembang berkat adanya dukungan dana dari masyarakat melalui SPP,” ungkapnya.

Dia menambahkan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta secara keseluruhan per semester masih lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Meski menaikkan biaya SPP, Sugiaryo optimistis Unisri dapat mencapai target penerimaan mahasiswa Tahun Akademik 2018/2019 sebanyak 1.500 orang.

“Target penerimaan mahasiswa baru meningkat dibandingkan tahun lalu [2017/2018] sebanyak 1.200 orang,” katanya.

Unisri saat ini memiliki enam fakultas yakni Fakultas Hukum; Fakultas Ekonomi; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian. Sementara itu, Kepala Humas Politeknik Indonusa Solo, Eni Lestari, mengungkapkan uang SPP mengalami kenaikan menjadi Rp350.000 dari sebelumnya Rp300.000.

Demikian pula untuk dana pengembangan institusi (SPI) naik Rp1 juta menjadi Rp7 juta dari sebelumnya Rp6 juta. “Pembayaran SPI dapat diangsur tiga kali dalam satu semester,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya