Tutup Iklan

KAMPUS DI SEMARANG : Unnes Larang Penerjemahan Nama Kampus, Rektor Masih Pakai Bahasa Inggris

KAMPUS DI SEMARANG : Unnes Larang Penerjemahan Nama Kampus, Rektor Masih Pakai Bahasa Inggris

SOLOPOS.COM - Sebagian keterangan pada akun Facebook milik Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman. (Facebook.com-Fathur Rokhman)

Kampus Universitas Negeri Semarang yang mengimbau warganya tak menerjemahkan nama kampus nyatanya tak sejalan dengan yang dilakukan sang rektor.

Solopos.com, SEMARANG – Belakangan hari ini, salah satu kampus di Kota Semarang, Universitas Negeri Semarang (Unnes), menggaungkan pernyataan yang melawan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), dengan mewajibkan warganya untuk menggunakan huruf kapital pada akronim nama kampus. Bukan hanya itu, Unnes juga melarang penerjemahan nama kampus ke berbagai bahasa apa pun.

Nyatanya, hal itu tak sejalan dengan apa yang dilakukan Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman. Guru besar Sosiolinguistik yang memimpin perguruan tinggi negeri yang kampusnya terletak di Gunungpati, Kota Semarang itu nyatanya masih menggunakan nama kampus dalam bahasa Inggris.

[Baca juga Dikritik karena Salahi PUEBI, Unnes Malah Minta Publik Sesuaikan Diri]

Padahal, Humas Unnes beberapa waktu lalu menebar informasi sumir yang menyebutkan penggunaan nama kampus dalam bahasa Inggris bisa menjatuhkan peringkat Unnes. "Universitas Negeri Semarang mulai dari sekarang, jangan diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Karena menjadi peringkat UNNES anjlok di beberapa pemeringkatan karena nama yang terlalu bervariasi," begitu bunyi imbauan pada halaman Facebook milik Unnes.

Dikabarkan Semarangpos.com sebelumnya, Unnes bukan hanya melarang penerjemahan nama kampus, namun juga mewajibkan penggunaan huruf kapital pada akronim nama kampus. Meski jelas bertentangan dengan PUEBI, kebijakan Unnes yang belum diputuskan secara resmi itu diklaim telah mendapatkan restu dari para ahli bahasa. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.