KAMPUS DI SEMARANG : Undip Tambah Guru Besar

 Kedua guru besar baru Undip, Yetty Rochwulaningsih (dua dari kiri) dan Agus Maladi (tengah), saat menggelar jumpa pers di Ruang Sidang Rektor kampus Undip Tembalang, Semarang, Jumat (24/3/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

SOLOPOS.COM - Kedua guru besar baru Undip, Yetty Rochwulaningsih (dua dari kiri) dan Agus Maladi (tengah), saat menggelar jumpa pers di Ruang Sidang Rektor kampus Undip Tembalang, Semarang, Jumat (24/3/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Kampus di Semarang, yakni Universitas Diponegoro, menambah guru besar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) menambah daftar guru besar dalam civitas akademinya, menyusul ditetapkannya dua staf pengajar atau dosen di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip sebagai profesor.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kedua dosen yang mendapat gelar profesor itu, yakni Yetty Rochwulaningsih dan Agus Maladi. Keduanya akan dikukuhkan sebagai profesor atau Guru Besar Ilmu Sosiologi dan Sejarah Martimi serta Guru Besar Antropologi dalam Rapat Senat Akademi Terbuka di kampus Undip, Tembalang, Semarang, Sabtu (25/3/2017).

Ketua Senat Undip Prof. Sunarso menyebutkan dengan ditetapkan Yetty Rochwulaningsih dan Agus Maladi sebagai guru besar praktis kini Undip memiliki 107 guru besar. Ke-107 profesor itu tercatat masih aktif mengajar di hampir semua fakultas yang ada di Undip.

Di Fakultas Hukum, Undip memiliki 15 guru besar. Sementara, Fakultas Ekonomika dan Bisnsi (FEB) ada 10 guru besar, Fakultas Kedokteran 17 guru besar, Fakultas Pertanian dan Peternakan 20 guru besar, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 9 guru besar, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) tiga profesor, Fakultas Sains dan Matematika memiliki tiga guru besar, Fakultas Perikanan dan Kelautan 14 guru besar, Fakultas Teknik 16 guru besar, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat satu orang guru besar.

“Itu semua guru besar yang masih aktif di Undip. Kalau dihitung sama yang sudah tidak aktif di Undip jumlahnya lebih banyak, termasuk Pak Menristekdikti, Muhammad Nasir,” tutur Sunarso dalam jumpa pers di Ruang Sidang Rektor kampus Undip Tembalang, Semarang, Jumat (24/3/2017).

Sunarso menambahkan dalam acara pengukuhan nanti, Yetty maupun Agus akan memberikan orasi terkait hasil penelitian untuk mendapat gelar guru besar. Yetty akan membacakan orasi dengan tema Membongkar Ketidakadilan Struktural dalam Usaha Garam Rakyat melalui Persepektif Sosiologi Sejarah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petambak Garam dan Swasembada Garam Nasional.

Sementara Agus akan memberikan orasi tentang Tantangan Antropologi Membaca Dunia Kontemporer.

Terpisah, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengaku bangga dengan prestasi yang diraih kedua dosen FIB itu. Ia menilai dengan bertambahnya guru besar akan semakin memajukan pendidikan di Undip, terutama FIB.

“Profesor itu merupakan status tertinggi dalam ilmu pendidikan. Dengan bertambahnya profesor tentunya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Undip. Kami akan berusaha agar guru besar di universitas ini terus bertambah,” ujar Rektor.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Berita Terkini

Tesla PHK Ratusan Pekerja Autopilot di California AS, Ini Alasannya

Produsen mobil listrik Tesla Inc. melakukan PHK ratusan pekerja di divisi autopilot perusahaan setelah menutup fasilitas produksi kendaraan listrik di California, Amerika Serikat  (AS).

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Berikut daftar lima kecamatan terpadat di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, daerahmu termasuk?

Mondosiyo Sudah Jadi WBTB, Warga Karanganyar Minta Dukungan Pemerintah

Warga Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar meminta peran lebih pemerintah dalam pengembangan Mondosiyo setelah tradisi turun temurun ini ditetapkan menjadi warisah budaya tak benda.

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.

Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sragen terus bertambah hingga mendekati angka 1.000 ekor, tetapi Pemkab berencana membuka pasar hewan mulai 5 Juli 2022.

Bagus Setyawan Jabat Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Letkol (Inf) Anggun Wuriyanto menyerahkan jabatan Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad kepada Mayor (Inf) Bagus Setyawan dalam upacara sertijab, Selasa (28/06/2022).

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Jadwal, Aturan dan Skema 8 Besar hingga Final Piala Presiden 2022

Jadwal perempat final Piala Presiden 2022 digelar 1-3 Juli sedangkan semifinal 7 dan 11 Juli dan final pada 14 dan 17 Juli.

2 Motor Adu Banteng di Jl Ngawi-Sragen Sambungmacan, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng di Jalan Ngawi-Sragen, tepatnya depan Puskesmas Sambungmacan 2 Dukuh Sundo Asri RT 018, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen pada Selasa (28/6/2022).

Kurs Rupiah Dibuka Lesu di Level Rp14.848 Per Dolar AS

Mata uang Asia lainnya dibuka bervariasi, yakni yen Jepang yang naik 0,07%, won Korea Selatan melemah 0,53%, yuan China naik 0,09%, dan ringgit Malaysia naik 0,06%

PPN 11 Persen Berpotensi 700.000 Orang Jatuh Miskin, Kok Bisa?

Bank Dunia menyebut kenaikan PPN menjadi 11 persen membuat bertambahnya warga miskin di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Evaluasi PeduliLindungi

Sosialisasi dan masa transisi terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak gorenq curah rakyat (MGCR) mulai dilakukan Senin (27/6/2022). Sejumlah kritik mengalir, mulai dari akses hingga keamanan data.