SOLOPOS.COM - Rapat Senat Akademik di Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (24/11/2016). (Undip.ac.id)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), akan memberikan gelar kehomatan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Semarangpos.com, SEMARANG – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiasturi akan menerima gelar doktor honoris causa untuk bidang pembangunan kelautan dan perikanan dari Universitas Diponegoro, Sabtu (3/12/2016) mendatang. Hal itu diputuskan Rapat Senat Akademik di Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (24/11/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Persetujuan Senat Undip tersebut didasarkan atas usulan yang disampaikan Senat Fakultas Perikanan dan Kelautan Undip yang ditandatangani Prof. Muhammad Zaenuri. “Pada prinsipnya Senat Akademik Undip tidak keberatan menindaklanjuti usulan tersebut, mengingat kompetensi dan profesionalitas Susi Pudjiastuti dalam mengawal pembangunan di bidang kelautan dan perikanan sejalan dengan pola ilmiah pokok undip sebagai coastal area development” terang Ketua Senat Akademik Undip, Prof. Soenarso, seperti dikutip laman resmi salah satu kampus di Semarang tersebut.

Soenarso juga mengungkapkan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permen Ristekdikti) No. 65/2016, Undip sebagai perguruan tinggi negeri dengan akreditasi A, dapat memberikan gelar kehormatan pada seseorang karena jasa-jasanya yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan. Hal senada juga disampaikan salah seorang anggota Senat Undip, Prof. Edy Darmawan yang mengatakan bahwa penganugerahan gelar honoris causa semacam ini sudah lazim terjadi di beberapa perguruan tinggi negeri, mengingat jasa-jasa dan kompetensi seseorang di suatu bidang.

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti telah memperoleh sertifikat kompetensi profesi bidang pembangunan kelautan dan perikanan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan jenjang kualifikasi level IX, Selasa (22/11/2016). Perolehan sertifikat tersebut diberikan setelah Susi melalui 16 unit uji kompetensi yang ditetapkan BNSP.

Menurut Rifky Effendi, dalam siaran pers yang disampaikan Biro Kerjasama dan Humas Kementrian Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti telah menjalani tahapan tersebut. “Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012, level tersebut merupakan jenjang tertinggi pada Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) yang setara dengan gelar doktoral dibidang akademik dengan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan, pelatihan kerja atau pengalaman kerja” ungkapnya. Sementara Biro Humas Undip mengabarkan bahwa acara penemrimaan gelar doktor honoris causa Susi Pudjiastuti dari Undip tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, beberapa duta besar perwakilan negara sahabat, serta para menteri Kabinet Kerja. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya