SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Prof. Edi Noersasongko. (Dinus.ac.id)

Kampus di Semarang, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), mendorong mahasiswanya memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha.

Semarangpos.com, SEMARANG — Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah, Prof. Edi Noersasongko mengajak lulusan universitas itu untuk berwirausaha dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Banyak wirausahawan yang berhasil menggunakan teknologi. Kenapa tidak ditiru?” katanya, usai memimpin upacara wisuda Udinus Semarang di Hotel Patra Jasa, Kota Semarang, Kamis (27/4/2017).

Edi yang baru saja dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang ilmu technopreneur manajemen itu mencontohkan Go-Jek, yakni layanan transportasi ojek berbasis aplikasi atau online. Secara sederhana, kata dia, aplikasi Go-Jek itu mempertemukan penumpang dengan pengojek yang selama ini mungkin belum banyak terpikirkan sehingga masih berjalan secara konvensional.

“Kenapa aplikasi ini tidak dikembangkan ke bidang lain? Misalnya, mempertemukan petani dengan pemakai [konsumen], petambak dengan konsumen, dokter dengan pasien, dan sebagainya,” katanya. Yang jelas, simpul dia, peluang bisnis seiring dengan perkembangan teknologi saat ini sangat luar biasa yang semestinya bisa ditangkap untuk berwirausaha, khususnya lulusan Udinus.

Menurut dia, kekayaan alam Indonesia sangatlah besar, baik dari laut yang sedemikian luasnya, gunung, dan sebagainya yang harus bisa dikelola untuk menyejahterakan masyarakatnya. “Dari sumber daya manusia [SDM], penduduk Indonesia saja ada 250 juta jiwa yang juga tidak akan pernah habis. Ini pasar yang luar biasa. Peluang luar biasa untuk dikembangkan,” katanya.

Dari sekian banyak lulusan Udinus yang sudah diwisuda, Edi menyebutkan setidaknya 40% sudah menekuni profesi sebagai wirausaha dengan bekal keilmuan yang diterima selama kuliah. “Kami ingin para lulusan terinspirasi dengan mereka-mereka yang sudah menjadi wirausaha ini. Karena wirausaha ini merupakan peluang besar untuk dikembangkan,” pungkasnya.

Pada prosesi wisuda angkatan ke-59 itu, Udinus meluluskan sebanyak 967 mahasiswa dari 16 program studi, baik program magister (S-2), sarjana (S-1), maupun diploma tiga (D-3).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya