SOLOPOS.COM - Ilustrasi konferensi internasional. (showincity.com)

Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bakal menggelar konferensi yang dihadiri peneliti dari dalam maupun luar negeri.

Semarangpos.com, SEMARANG – Puluhan peneliti dari dalam maupun luar negeri bakal menghadiri konferensi internasional yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro di Semarang, Senin (23/10/2017). Selain para peneliti, 100 paper ilmiah juga akan dipresentasikan dalam acara bertajuk International Conference on Indonesian Social and Political Enquiries (ICISPE) itu.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat (20/10/2017), konferensi internasional yang mengusung tema Eradicating Inequalities itu akan membahas berbagai topik sosial, politik, komunikasi, bisnis, dan hubungan internasional.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Panitia ICISPE, Lintang Ratri Rahmiaji, menyebutkan acara itu sengaja dikonsep untuk menghadirkan gagas pentingnya mengembangkan kesetaraan dalam berbagai lini. Selama ini gagasan yang populer dibahas di masyarakat hanya tentang kesetaraan gender dan kerap mengabaikan kesetaraan di bidang lain seperti ekonomi, kesehatan, dan hak asasi manusia.

“Konferensi ini akan menjadi ajang berkumpulnya peneliti, baik dari Indonesia maupun luar negeri untuk mempresentasikan karya-karya di bidang ilmu sosial dan politik, maupun penerapan riset di bidang tersebut. 100 artikel yang terpilih akan dipublikasikan ke dalam jurnal ASL yang telah terindex Scopus,” ujar Lintang dalam siaran pers ke Semarangpos.com, Jumat.

Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi FISIP Undip, Widiartanto, menyampaikan karya riset dipastikan tidak hanya berhenti menjadi laporan di arsip perpustakaan kampus. Namun, temuan itu akan didorong untuk menghasilkan inovasi yang bisa diterapkan dalam masyarakat.

Dekan FISIP Undip, Sunarto, menyebutkan konferensi internasional ini merupakan salah satu upaya Undip menuju world class university. Selain itu, juga upaya Undip memenuhi target Indeks Kinerja Utama (IKU) tentang indikator publikasi bereputasi.

“Selain paparan hasil riset, konferensi diselenggarakan sebagai pionir dan promosi kompetensi, serta networking bagi para peneliti di bidang terkait” tambahnya.

Konferensi internasional ICISPE ini akan menghadirkan para ahli yang berkompeten di bidangnya, seperti Menteri Tenaga Kerja (Menaker), M. Hanif Dhakiri, sebagai keynote speaker. Menaker akan didampingi dua pakar lainnya sebagai pembicara kunci yakni Leonard C. Sebastian dari Indonesia Programme S. Rajaratnam School of International Studies dan Nanyang Technological University; serta anggota MPR, Bambang Sadono.

Selain ketiga pakar itu, ICISPE juga akan menghadirkan sembilan pembicara lainnya seperti Duta Besar Hungaria, Judit Pach; Direktor Pusat Diplomasi Publik Kedutaan Jepan, Ryo Nakamura; peneliti dari Universitas Malaysia, Rozasman Hussin, dan ilmuwan dari Ohio University Amerika Serikat, Gene Ammarel, dan lain-lain.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya