KAMPUS DI SEMARANG : Kunjungi Undip, Jaksa Agung Beri Kuliah Umum

KAMPUS DI SEMARANG :  Kunjungi Undip, Jaksa Agung Beri Kuliah Umum

SOLOPOS.COM - Jaksa Agung, Prasetyo (kiri), saat mengisi kuliah umum di kampus Undip, Semarang, Rabu (21/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Undip)

Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendatangkan Jaksa Agung, Prasetyo, untuk mengisi kuliah umum.

Solopos.com, SEMARANG – Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendapat pengalaman yang luar biasa pada Rabu (21/2/2018). Kampus di Semarang itu kedatangan Jaksa Agung, H. Muhammad Prasetyo, yang berkesempatan membagikan ilmunya dalam kuliah umum.

Dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari Humas Undip, kuliah umum itu diadakan sebagai upaya Undip mewujudkan visi dan obsesi menjadi universitas riset unggul pada 2020. Hal ini sedikit berbeda dari pernyataan resmi yang dilansir Kejaksaan Agung sehari sebelumnya. Dalam keterangan pers versi Kejaksaan Agung, Jaksa Agung H.M. Prasetyo seolah-olah hendak dianugerahi gelar doctor honoris causa sehingga pergi ke Semarang.

[Baca juga Undip Anugerahi Doktor HC ke Jaksa Agung]

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, memberikan apresiasi atas kedatangan Jaksa Agung beserta stafnya untuk memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa FH Undip. “Hukum atau APH [aparat penegak hukum] sering kali dianggap penghambat pembangunan nasional. Padahal, hukum adalah akselerator dari pembangunan. Kami sebagai eksekutor pembangunan salut kepada Kejaksaan Agung. Undip adalah kandang dari hukum progresif  yang berarti hukum yang menyejahterakan dan mengembirakan,” ujar Yos.

Dalam kuliah umum itu, Prasetyo menjelaskan bahwa terciptanya sebuah pembaruan paradigma penegakan hukum institusi dilakukan dengan memadukan upaya represif dan preventif secara proporsional, seimbang, objektif, dan terukur. “Inovasi penegakan hukum tersebut terwujud dalam bentuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4), yang meliputi tindakan menyeluruh, sistematis, holistik, dan integratif melalui upaya pemahaman dan peningkatan kesadaran hukum masyarakat,” beber Prasetyo.

Lebih lanjut Prasetyo menjelaskan bahwa keberadaan Kejaksaan Republik Indonesia diatur dalam UU No. 16/2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Berdasarkan undang-undang itu, kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan hak asasi manusia, serta pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan harus melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenangnya secara merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan pengaruh kekuasaan lainnya,” terang Prasetyo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.