SOLOPOS.COM - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Arief Hidayat (tengah) berfoto dengan pembicara lain seminar nasional di kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jateng, Rabu (16/11/2016). (Unnes.ac.id)

Kampus di Semarang, Universitas Negeri Semarang (Unnes), menyeminarkan revitalisasi ideologi.

Semarangpos.com, SEMARANG – Globalisasi merupakan kondisi aktual yang tidak bisa dihindari. Baik akibat positif maupun negatifnya harus dihadapi. Demi menghadapi tantangan globalisasi, bangsa Indonesia perlu memperkuat identitas nasionalnya.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Demikian diungkapkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Arief Hidayat saat menjadi pembicara di  Seminar Nasional Revitalisasi Ideologi dalam Arah Global Perspektif Negara Hukum di Hotel Grasia Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (16/11/2016).

Arief Hidayat juga mengimbau kepada peserta di Seminar itu untuk mengukuhkan Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa Indonesia, yang terdiri dari bermacam-macam suku dan agama. “Sebagai negara pluralistis, tantangan globalisasi harus dijawab dengan cara mengembalikan mindset manusia Indonesia ke falsafah dasar bangsa Indonesia, Pancasila, sebagai pemersatu bangsa,” ujarnya seperti dikutip Semarangpos.com dari Unnes.ac.id.

Menurut Arief Hidayat, dalam perjuangan untuk mewujudkan identitas nasional terkandung makna bahwa Pancasila harus diposisikan sebagai satu keutuhan yang sejalan dengan realitas, idealitas, dan fleksibilitas. “Istilah revitalisasi Pancasila sebagai ideologi berarti pemberdayaan kembali kedudukan dan fungsi peranan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi, dan sumber nilai-nilai bangsa Indonesia,” paparnya.

Seminar yang digelar di kampus Sekaran Semarang itu juga dihadiri pembicara lain seperti mantan ketua MK Prof. Mahfud MD, tenaga profesional Bidang Hukum dan HAM Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Adi Sudjatno, dan professor Ilmu Hukum Undip Suteki. Selain itu, juga hadir pembicara dari pihak internal Unnes, di antaranya adalah Dekan Fakultas Hukum Unnes Rodiyah dan Wakil Dekan Bidang Akademik Martitah.

Seminar Nasional Revitalisasi Ideologi dalam Aras Global Perspektif Negara Hukum adalah satu dari rangkaian acara Dies Natalis ke-9 Fakultas Hukum Unnes. Acara seminar nasional tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bambang BR. (Ginanajar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya