SOLOPOS.COM - Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) memberikan sambutan pembukaan di acara Orenji Undip 2016 di kampus FIB Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jateng, Minggu (6/11/2016). (Instagram.com-@orenji_undip)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), menjadi lokasi diadakannya festival budaya Jepang Orenji 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG – Festival budaya Jepang diselenggarakan di kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (6/11/2016). Festival bertajuk Orenji 2016 itu diselenggarakan mahasiswa Jurusan Sastra Jepang FIB Undip.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Undip Rediyanto Noor. Orenji 2016 adalah agenda tahunan yang diselenggarakan mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Undip yang menyajikan pertunjukan maupun perlombaan yang menonjolkan budaya dari Negeri Sakura.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu didominasi serangkaian perlombaan yang diikuti mahasiswa Undip maupun dari luar Undip. Kompetisi yang dilombakan di acara tersebut antara lain adalah lomba menyanyi individu, lomba menyanyi grup, lomba cosplay, lomba band, dan lomba dance. Semua peserta lomba diwajibkan memasukkan unsur budaya Jepang sesuai dengan tema acara.

Acara yang paling dinanti penonton dalam rangkaian Orenji 2016 adalah perlombaan cosplay. Perlombaan cosplay adalah sebuah kompetisi kostum yang meniru sebuah karakter yang terdapat dalam serial animasi Jepang atau sering disebut anime.

Menurut informasi dari akun Instagram panitia acara tersebut, @orenji_undip, acara tersebut juga menghadirkan bintang tamu Band JP6. Band JP6 adalah sebuah grup band beraliran rok yang berasal dari Negeri Sakura. Selain bintang tamu dari Jepang, Orenji 2016 juga menghadirkan bintang tamu lokal, yakni SLE Band.

Acara tersebut ditutup dengan penampilan musisi asal Jepang lainnya, yakni Yumi Kurosawa. Yumi Kurosawa adalah seorang musisi yang memainkan sebuah alat musik tradisional Jepang yang bernama koto. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya