Tutup Iklan

KAMPUS DI SEMARANG : Dosen Undip Ciptakan Mesin D’Ozone, Ini Kegunaannya…

KAMPUS DI SEMARANG : Dosen Undip Ciptakan Mesin D’Ozone, Ini Kegunaannya…

SOLOPOS.COM - Dosen FSM Undip, M. Nur (kanan), saat menjelaskan mesin penemuannya di Sekretariat Kelompok Tani Mutiara Organik, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (29/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Undip)

Kampus di Semarang, Undip, salah seorang dosennya membuat inovasi baru di bidang perkebunan.

Solopos.com, SEMARANG – Dosen Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muhammad Nur, membuat inovasi baru di bidang pertanian. Ia membuat mesin yang dinamakan D’Ozone, yang mampu memperpanjang masa simpan sayur dan buah menjadi tahan lebih lama.

“Mesin D’Ozone menggunakan teknologi plasma ramah lingkungan yang berfungsi untuk memperpanjang masa simpan sayur dan buah, meminimalisir pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur penyebab pembusukan pada sayur dan buah. Mesin ini juga berfungsi mengurangi pestisida yang menempel pada sayur dan buah,” jelas Nur saat memperkenalkan mesin buatannya, D’Ozone di Sekretariat Kelompok Tani Mutiara Organik, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (29/9/2017).

Dikutip siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (30/9/2017), selain mesin D’Ozone, Nur juga membuat tempat penyimpanan sayur dan buah yang dinamakan Cold Storage. Cold Storage merupakan tempat penyimpanan sayur dan buah yang telah dicuci dengan ozon.

Storage itu telah dikombinasikan dengan mesin D’Ozone dan ozon yang diproduksi disalurkan melalui pipa-pipa yang terpasang dalam storage. “Fungsinya untuk mensterilkan ruangan storage dari kontaminasi mikroorganisme,” imbuh Nur.

Nur berharap teknologi dari mesin buatannya itu mampu membantu petani dalam mengawetkan sayur maupun buah hasil produksi pertanian. Selain bermanfaat untuk mengawetkan sayur dan buah, mesin buatannya itu diklaim juga mampu mempercepat tumbuhnya bibit sayuran yang telah disimpan di tempat penyimpanan, Cold Storage.

Dalam kegiatan perkenalan mesin D’Ozone dan Cold Storage itu turut hadir perwakilan dari 14 negara anggota Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative (AFACI), antara lain Mongolia, Bangladesh, Kamboja dan Laos. AFACI merupakan organisasi negara Asia di bidang pangan dan pertanian yang bertujuan mempromosikan pertanian berkelanjutan di kawasan Asia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.