SOLOPOS.COM - Kampus Undip di kawasan Tembalang, Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro, kembali menyeleksi calon mahasiswa melalui gelombang II Ujian Mandiri (UM).

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 6.626 calon mahasiswa akan mengikuti tes tulis Ujian Mandiri (UM) gelombang II Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu (16/7/2016).

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Rektor Undip Semarang Prof. Yos Johan Utama mengatakan calon mahasiswa itu dikelompokan dalam bidang sains dan teknologi (saintek) serta sosial dan humaniora (sohum).  “Sampai batas waktu penutupan pendaftaran tercatat sebanyak 6.626 orang calon mahasiswa yang mendaftar dengan perincian 3.891 orang kelompok saintek dan 2.735 orang kelompok soshum,” katanya di Semarang, Jumat (15/7/2016).

Berdasarkan data pendaftaran, lanjut Yos, pada kelompok saintek, Pendidikan Kedokteran Umum masih menjadi pilihan favorit peserta, yakni dengan 800 peminat. Menyusul kemudian Kedokteran Gigi dengan peminat 578 orang. “Sedangkan untuk kelompok soshum, Fakultas Hukum masih menjadi pilihan favorit dengan jumlah pendaftar sebanyak 910 orang,” ujarnya.

Menurut rektor, dibukanya UM gelombang II itu adalah untuk memenuhi angka partisipasi kasar, sekaligus memenuhi kekurangan kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur bibit unggul dan jalur kerja sama. “UM gelombang II ini juga untuk mengisi kursi kosong karena ada beberapa calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN mengundurkan diri,” imbuhnya.

Rektor berpesan kepada para peserta UM II Undip agar mempersiapkan diri dengan baik mengingat ketatnya persaingan. “Calon mahasiswa agar datang lebih awal supaya tidak terlambat mengikuti ujian. Peserta dari luar kota supaya datang sehari sebelum ujian sehingga dapat mengetahui secara pasti lokasi dan ruang ujian,” harap Yos.

Pelaksanaan UM gelombang II akan dilaksanakan secara serentak di kampus Undip Tembalang mulai pukul 07.30 WIB, Sabtu (16/7/2016). Materi yang diujikan untuk kelompok saintek dalam tes tulis UN II Undip itu adalah Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia. Sedangkan, untuk kelompok soshum, bakal dijukan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, IPS, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan.

Hasil seleksi UM II Undip itu rencananya akan diumumkan 21 Juli 2016. Selain ujian UM gelombang II  juga akan digelar ujian UM D3 yang akan dilaksanakan di kampus Undip Tembalang, Minggu (17/7/2016). Tes tulis itu diikuti 1.764 peserta yang terdiri dari kelompok saintek, soshum, dan campuran. Hasil ujian UM D3 akan diumumkan 23 Juli 2016.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya