SOLOPOS.COM - Rombongan siswa Gymnasium Olhsted, Jerman dan SMA Negeri 1 Salatiga menyaksikan penampilan tarian Kalimantan saat berkunjung ke UKSW, Rabu (5/10/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas UKSW)

Kampus di Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), mendapat kunjungan dari para pelajar Gymnasium Olhsted dari Hamburg, Jerman.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kampus di Salatiga, yakni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Rabu (5/10/2016), mendapat kunjungan dari para siswa Gymnasium Olhsted, Hamburg, Jerman yang tengah menjalani program pertukaran pelajar di Indonesia.

Para siswa Gymnasium Olhsted itu berkunjung ke UKSW Salatiga ditemani siswa SMAN 1 Salatiga. Mereka berkunjung untuk menimba keragaman budaya di salah satu kampus di Salatiga itu.

Kedatangan para pelajar dari Jerman ini pun diterima langsung oleh Rektor UKSW, Prof. Pdt. John A. Titaley. Dalam sambutannya, John memperkenalkan UKSW sebagai salah satu kampus di Salatiga yang selama ini dikenal masyarakat luas sebagai miniatur Indonesia.

“Selamat datang di UKSW, di kampus Indonesia mini. Kami berterima kasih karena UKSW dipilih sebagai salah satu tempat yang diharapkan dapat memberi wawasan mengenai beragam budaya Indonesia. Selamat menikmati keberagaman di kampus ini,” tutur John dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Kamis.

Selama kurang lebih 90 menit, peserta kunjungan disuguhi dengan penjelasan tentang Salatiga dan UKSW. Beberapa kegiatan yang mengangkat tentang budaya Indonesia dan program-program internasional di UKSW pun ditampilkan melalui foto maupun rekaman video kepada para siswa Gymnasium Olhsted. Semakin menarik, tetamu bukan hanya menerima penjelasan melalui presentasi, tetapi juga dihibur ensamble tiup mahasiswa dan dosen Program Studi Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UKSW serta tarian Kalimantan.

Salah seorang siswa Kelas X Gymnasium Olhsted, Hennes Meyer, menyatakan kekagumannya dengan penampilan yang disuguhkan UKSW yang menggambarkan keragaman budaya di Indonesia. “Meskipun singkat, tapi UKSW telah menunjukkan kepada kami keragaman Indonesia yang ada di sini dengan begitu indah. Perbedaan budaya yang muncul membuat kami semakin menghargai budaya maisng-masing negara. Saya jadi ingin melihat lebih banyak lagi budaya di Indonesia,” tutur Hennes.

Selain berkunjung ke kampus UKSW di Kota Salatiga, para siswa Gymnasium Olhsted ini rencana juga akan berkunjung ke Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Mereka dijadwalkan akan bertemu dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Jumat (7/10/2016) pagi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Rekomendasi
Berita Lainnya