SOLOPOS.COM - Salah satu peserta Festival Drumblek yang digelar di Kampung Ragam Warna, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2019). (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, KENDAL — Festival Drumblek yang diikuti peserta dari berbagai daerah digelar di Kampung Ragam Warna, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2019).

Festival itu diharapkan mampu menjadi sebagai salah satu upaya menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat. Drumblek merupakan salah satu kesenian favorit di Kampung Ragam Warna berupa seni tabuh yang memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih dari 20 grup peserta mengikuti Festival Drumblek yang menjadi wadah penyaluran bakat kreativitas. Para peserta mengusung berbagai alat musik yang dipukul terbuat dari beragam jenis barang, seperti seng, plastik, ataupun bambu.

Penyelenggaraan Festival Drumblek yang didukung oleh perusahaan cat Pacific Paint ini juga mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menumbuhkan wisata desa dan meningkatkan sektor pariwisata nasional.

Bupati Kendal Mirna Annisa yang hadir pada Festival Drumblek itu menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan festval ini karena dapat menumbuhkan kreativitas masyarakat, terutama generasi muda. "Harapan ke depan Festival Drumblek bisa terus digelar, dan kampung-kampung wisata juga terus tumbuh berkembang," katanya.

Bupati Mirna juga meminta masyarakat untuk terus menjaga kebersihan Kampung Ragam Warna yang menjadi tempat digelarnya Festival Drumblek yang sudah dua kali digelar.

Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso mengungkapkan pihaknya mendukung Festival Drumblek guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat yang turut menghadirkan keanekaragaman kostum, kekompakan, dan penampilan musik.

"[Festival Drumblek] Ini sudah kali kedua digelar, kali ini lebih meriah dan ada kreativitas dari masyarakat yang menjadi peserta festival yang ikut dari Kudus, Tangerang, bahkan Jawa Timur," ujarnya.

Menurut dia, Pacific Paint sangat menghargai semangat gotong royong seluruh masyarakat Kampung Ragam Warna dalam menjaga lingkungan dan melestarikan seni budaya dengan menyelenggarakan kegiatan Festival Drumblek.

"Keterlibatan perusahaan dalam acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi anak-anak, remaja, serta warga dalam menampilkan kepiawaian dalam berkesenian," katanya.

Sebagai perusahaan yang sebelumnya telah memberikan warna-warni untuk warga di Kampung Ragam Warna, lanjut dia, diharapkan dukungan dari Pacific Paint dapat dimanfaatkan dengan baik. Terutama, katanya, dalam mengembangkan toleransi, kerja sama, dan kearifan lokal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya