SOLOPOS.COM - Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji meresmikan Program Brigadir Kampung Inggris yang dibentuk oleh Polres Kediri, Senin (16/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna)

Kampung Inggris Pare kini dijaga Brigadir Kampung Inggris yang fasih berbahasa Inggris layaknya peserta didik di kawasan wisata edukasi itu.

Madiunpos.com, KEDIRI — Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji, Senin (16/11/2015), meresmikan Program Brigadir Kampung Inggris yang dibentuk Polres Kediri untuk ditempatkan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Program khusus kepolisian itu merupakan upaya pengamanan daerah yang selama ini dikenal sebagai Kampung Inggris Pare itu dari berbagai tindak kejahatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tujuan pembentukan ini menciptakan suasana di Kampung Inggris menjadi harmonis serta kondusif. Anggota pun nanti bisa fasih bahasa Inggris, sehingga jika ditugaskan pada misi internasional, misalnya PBB, bisa berjalan,” katanya dalam kunjungan kerjanya di Mapolres Kediri, Senin.

Ia memberikan apresiasi pada Program Brigadir Kampung Inggris yang dibentuk Polres Kediri itu, mengingat segala bentuk kejahatan bisa saja terjadi. Terlebih lagi di Kampung Inggris Pare yang notabene tempat pendidikan.

Di tempat ini, ribuan pelajar maupun masyarakat umum dari berbagai daerah di Indonesia belajar bahasa Inggris.

Patroli Bersepeda
Beberapa waktu lalu, Polres Kediri juga mengungkap tindak kejahatan pencurian sepeda motor dengan modus meminjam di persewaan sepeda motor berbekal kartu identitas palsu. Selain membongkar sindikat pencurian sepeda motor, polisi melalui kasus itu juga mengungkap sindikat pemalsuan surat-surat dan dokumen penting.

Kapolda berharap dengan pengamanan yang ketat ini, baik anggota maupun masyarakat juga sigap mengetahui setiap tamu yang datang di daerah mereka. Pengamanan itu sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya menjadi korban kejahatan.

“Makanya dengan Brigadir Kampung Inggris ini, harapan kami baik anggota maupun masyarakat bisa menetralkan, bisa tahu siapa yang menginap di situ,” ujarnya.

Program Brigadir Kampung Inggris di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini menjadi program percontohan dari Polres Kediri. Sebanyak 21 anggota polisi diberi tugas untuk pengamanan di kampung inggris ini. Mereka akan berjaga di daerah itu, secara bergantian.

Selain menggunakan sepeda motor untuk patroli, mereka juga memanfaatkan sepeda angin. Semua keperluan anggota untuk patroli keamanan sudah disiapkan oleh kepolisian.

Wisata Pendidikan
Kapolres Kediri AKBP Akhmad Yusep mengemukakan kerawanan tindak kejahatan bisa saja terjadi di daerah ini, seperti pencurian kendaraan bermotor, peredaran narkoba, hingga kecelakaan lalu lintas.

“Alasan utama adalah keinginan kuat Polres Kediri untuk menciptakan keamanan di Kampung Inggris, mengingat daerah ini adalah ikon Kecamatan Pare yang sudah dikenal secara nasional sebagai kampung wisata pendidikan yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Kapolda Jatim juga memberikan apresiasi berbagai program yang dilakukan oleh polres. Ia pun memberikan motivasi pada anggota agar bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya